Dark/Light Mode

Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu 1.000 M Di Atas Puncak

Minggu, 7 Maret 2021 19:48 WIB
Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu 1.000 M Di Atas Puncak

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Sinabung di Sumatera Utara mengalami erupsi pada Minggu (7/3) pukul 19.01 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak (± 3.460 m di atas permukaan laut).

Info ini disampaikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) via akun Twitter resminya, Minggu (7/2).

Baca juga : Status Gunung Sinabung Siaga, Warga Diminta Waspada

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 57 mm, dan durasi ± 3 menit 9 detik.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga). Terkait hal tersebut, masyarakat diimbau tidak melakukan hal-hal sebagai berikut:

Baca juga : Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

1. Masyarakat dilarang beraktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat, agar tidak roboh

Baca juga : Dukung Vaksinasi, Bodi Pesawat Garuda Digambari Alat Suntik

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.