Dark/Light Mode

Apresiasi Pelaku Startup, BS Center Gelar Socio Digi Technopreneur Innovation Awards 2021

Kamis, 18 Maret 2021 14:25 WIB
Ketua MPR/pendiri BS Center Bambang Soesatyo (tengah), dalam Talkshow BS Center, di Jakarta, Kamis (18/3). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR/pendiri BS Center Bambang Soesatyo (tengah), dalam Talkshow BS Center, di Jakarta, Kamis (18/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Brain Society Center (BS Center) akan mengadakan BS Center Socio Digi Technopreneur Innovation Awards 2021 pada 11 April 2021. Event yang didukung BRI, BTN, BNI, Bank Mandiri, PT Bukit Asam, Pertamina, dan PLN, serta diorganisir GANAKTA ini merupakan ajang pemberian penghargaan dan apresiasi untuk para pelaku usaha startup milenial dalam merespon pandemi Covid-19.

"Inovasi yang dilakukan generasi muda melalui perusahaan rintisan (startup) dengan basis digital telah menjadi solusi transformasi dalam meningkatkan efisiensi dan keterbaruan model bisnis. Startup juga mampu bertahan dan bertransformasi dinamis guna meningkatkan optimisme bertahan di tengah pandemi Covid-19. Karenanya, BS Center menilai perlu adanya apresiasi terhadap kerja keras mereka, para socio digi technopreneur muda yang telah menggerakkan ekonomi digital," ujar Ketua MPR sekaligus pendiri BS Center Bambang Soesatyo, dalam Talkshow BS Center, di Jakarta, Kamis (18/3).

Baca juga : Apresiasi Para Kreator Konten, RCTI Gelar TikTok Awards

Turut serta sebagai pembicara Ketua Dewan Pakar dan Ketua Harian BS Center Prof Didin Damanhuri, pakar Science and Technology Lala Kolopaking, serta Sekjen BS Dhifla Wiyani.

Ketua DPR ke-20 ini mengajak para pelaku startup untuk mendaftarkan melalui website www.bscenterdigiawards.com paling lambat 20 Maret 2021. Kriteria pendaftar antara lain warga negara Indonesia, dibuktikan dengan scan KTP, berusia 18-45 tahun, telah menjalankan usaha startup minimal 2 tahun dengan skala UMKM, serta bersedia mengisi dan melengkapi lampiran pada formulir registrasi.

Baca juga : Aplikasi Kencan Tantan Berubah Jadi Social+, Ini Alasannya

"Hingga hari ini, sudah ada 120 pelaku startup yang mendaftar. Tim penilai terdiri dari berbagai pakar. Antara lain Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut IPB sekaligus Ketua Dewan Pakar dan Ketua Harian BS Center Prof Didin Damanhuri, pakar Science and Technology Lala Kolopaking, Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB Julio Adisantoso, dan sastrawan Ana Mustamin," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, setelah pendaftaran ditutup pada 21 Maret 2021 pukul 00.00 WIB, tim penilai pada 22 Maret 2021 akan menyaring para pendaftar menjadi 40 besar terbaik. Kemudian pada 25 Maret 2021 disaring kembali menjadi 10 besar terbaik.

Baca juga : Lampu meja Desinfeksi Philips UV-C, Raih Top Innovation Choice Award 2020

"Selanjutnya pada 31 Maret hingga 1 April 2021, startup yang terpilih dalam 10 besar terbaik tersebut diberikan kesempatan melakukan presentasi tentang kegiatan startup mereka di hadapan tim penilai. Hingga akhirnya terpilih tiga startup terbaik yang akan bersaing di acara puncak pada 11 April 2021," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ini menerangkan, pada acara puncak 11 April 2021, tiga startup terbaik tersebut akan berhadapan dengan dewan juri dari berbagai pakar. Antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Rektor IPB Prof Arif Satria, dan Direktur Utama BRI Sunarso. "Dari ketiga finalis tadi, akan dipilih satu terbaik yang akan mendapatkan penghargaan BS Center Socio Digi Technopreneur Innovation Awards 2021. Selain mendapatkan trofi Ketua MPR, pemenang akan mendapatkan hadiah uang hingga puluhan juta rupiah," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.