Dark/Light Mode

PPKM Mikro Diperpanjang Dan Diperluas Hingga Ke Lima Provinsi

Corona Semakin Tidak Bisa Berkutik

Senin, 22 Maret 2021 05:08 WIB
Konferensi Pers Perpanjangan PPKM Mikro. (Foto : Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI).
Konferensi Pers Perpanjangan PPKM Mikro. (Foto : Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI).

 Sebelumnya 
Dia menjelaskan, pembatasan yang diterapkan selama PPKM Mikro jilid 4 hampir sama dengan periode sebelumnya. Bedanya, pada PPKM Mikro jilid 4, pemerintah mulai mengizinkan kegiatan belajar-mengajar perguruan tinggi secara tatap muka.

“Kegiatan belajar mengajar untuk yang di bawah SMA atau SMK secara daring atau online,” terang Airlangga.

Tak hanya itu, Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, pada PPKM Mikro jilid 4, pemerintah mengizinkan digelarnya kegiatan seni budaya. Namun, kapasitasnya dibatasi maksimal hanya 25 persen dan sesuai proto­kol kesehatan.

Baca juga : Perempuan Guru Kesiapsiagaan Bencana Dalam Pencegahan Covid-19

Sedangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof Tito Karnavian mengungkapkan, Instruksi Mendagri No 6 tahun 2021 sebagai payung hukum pelaksanaan perpanjangan PPKM Mikro akan disosialisasikan lebih lanjut. Supaya, penerapan dan implementasinya lancar.

Mendagri juga meminta para gubernur terkait untuk melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh unsur organisasi perangkat daerah, hingga satuan terke­cil pemerintahan dalam pelaksanaan PPKM Mikro. “Pelibatan seluruh unsur masyarakat sangat diperlukan dalam sosialisasi protokol kesehatan,” ujarnya.

Netizen pun mendukung perpanjangan dan perluasan PPKM Mikro. Dengan diperpanjang dan diperluas, virus Corona diyakini akan se­makin tidak berkutik dan peta penyebarannya akan semakin berkurang.

Baca juga : Pengurus RT RW Diminta Bantu Pendaftaran Vaksinasi Lansia

“Melanjutkan tren perbaikan indikator penanganan Covid-19, PPKM Mikro diperpan­jang dan diperluas. Pelaksanaan PPKM Mikro telah berhasil mengerem laju penambahan kasus aktif,” ujar Vallent45335491.

Hal senada disampaikan ZonaNyamaninAja. Menurutnya, PPKM Mikro terbukti dapat menurunkan kasus positif Covid-19.

“PPKM Mikro efektif menekan laju penye­baran Covid-19,” sambung BerlianaRustam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.