Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri PUPR Kunker Ke Solo

Gibran Duduk Di Meja, Basuki Duduk Di Kursi

Minggu, 28 Maret 2021 07:56 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, duduk di atas meja. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, duduk di bawah di kursi, saat meninjau Kawasan Ngarsopuro dan Kawasan Jalan Gatot Subroto, Solo, kemarin. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, duduk di atas meja. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, duduk di bawah di kursi, saat meninjau Kawasan Ngarsopuro dan Kawasan Jalan Gatot Subroto, Solo, kemarin. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kedatangan keduanya langsung disambut sang tuan tuan rumah. Mereka masuk ke dalam galeri seni. Di tengah ruangan, terdapat lukisan Presiden Jokowi dengan rambut panjang mengenakan ikat rambut bendera Amerika dan ada kacamatanya. 

“Mirip ya pak,” tanya Gibran ke Basuki. “Mirip,” jawab Basuki. 

Mereka melanjutkan melihat-lihat karya seni yang ada di ruangan tersebut. Mereka sampai naik ke lantai duanya. Setelah cape muter-muter, mereka turun dan istirahat. Basuki dan sang seniman duduk di bangku kayu berhadap-hadapan, sedangkan Gibran duduk di atas meja. Mereka pun membicarakan pengembangan kawasan ini. 

Baca juga : Menteri PUPR: Bendungan Sindang Heula Bakal Jadi Destinasi Pariwisata

Basuki dan Gibran melanjutkan kunjungan ke Pasar Legi. Mereka mengecek pembangunan pasar tersebut. Mereka mendapatkan penjelaskan dari kontraktornya mengenai progresnya. Kemudian, mereka melihat-lihat ke dalam pasar. Basuki pun sempat menaiki dan duduk di marmer pasar tersebut. 

Basuki mengatakan, kunjungannya ke Solo karena mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk membangun pusat kebudayaan Jawa, di Taman Balekembang, yang merupakan taman peninggalan Mangkunegara VII. Menurutnya, masterplan penataan kawasan Taman Belekambang sebagai pusat kebudayaan Jawa, akan segera dibuat. Namun, Basuki mengaku tak ingin terburu-buru. 

Menurutnya, pembangunan itu bukan hal mudah. Banyak yang dipertimbangkan, seperti aspek sejarah, budaya, dan lingkungan. Apalagi, taman seluas 9,8 hektar itu, memiliki sejarah panjang dengan Mangkunegaran. “Nanti masterplan-nya saya presentasikan dulu ke Pak Wali Kota,” katanya. 

Baca juga : Guru PAUD Anak Kebutuhan Khusus Masih Minim

Terkait Pasar Legi, Basuki mengatakan, progres rehabilitasi sudah mencapai 25,90 persen, atau lebih cepat dari rencana sebesar 20 persen. Renovasi Pasar Legi mulai dikerjakan pada November 2020 dengan masa pelaksanaan 390 hari kalender. 

“Kontraknya selesai November 2021, tetapi Alhamdulillah progresnya lebih cepat. Paling lambat Oktober 2021 akan kita selesaikan, sehingga para pedagang yang sekarang ditempatkan di pasar darurat bisa lebih cepat menempati,” kata Basuki. 

Gibran mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian PUPR dalam percepatan renovasi Pasar Legi. “Ini bukti perhatian Pemerintah Pusat, semoga setelah renovasi pasar selesai bisa segera dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian di Kota Solo, khususnya,” kata Gibran. 

Baca juga : Gibran Bertepuk Sebelah Tangan

Gibran memasang foto-foto kegiatan bersama Basuki di akun Instagramnya, kemarin. Ada 12 foto yang dipasangnya. Instagramnya pun banjir komentar warganet. Misalnya, akun Heintje205. “Beginilah pemimpin-pemimpin yang punya kreatif dan punya ide-ide berlian. Pasti disambut baik pusat. Teladan buat pemimpin lainnya,” ujarnya. “Anak kesayangan pemerintah,” samber @ le____jeoonghon. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.