Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Datang Ke Klaten, Ganjar Kepincut Roti Marmer Buatan Emak-emak

Selasa, 30 Maret 2021 08:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat mengunjungi salah satu toko roti legendaris, Ibu Basuki di Klaten, Senin (29/3). (Foto: Dok. Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat mengunjungi salah satu toko roti legendaris, Ibu Basuki di Klaten, Senin (29/3). (Foto: Dok. Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengunjungi salah satu toko roti legendaris, Ibu Basuki di Klaten, Senin (29/3).

Ditempat tersebut, Ganjar langsung jadi sasaran foto bersama. Tak hanya minta foto, emak-emak yang biasa bekerja membuat roti itu langsung mengeluarkan jurus rayuannya.

Mereka menawarkan aneka roti kepada Ganjar dan berharap diborong semuanya. “Ini roti paling laku Pak, roti marmer. Orang sini nyebutnya roti tegel. Enak Pak, empuk,” kata emak-emak itu.

Ganjar sontak terkejut dengan jenis roti yang ditawarkan. Ia pun bertanya, mana jenis roti marmer yang disebutkan. “Ini lho pak, yang kotak-kotak. Kan kalau dilihat seperti marmer atau tegel lantai rumah,” ucap mereka menunjukkan barisan roti berbentuk kotak itu.

Ganjar pun mengeluarkan candaan yang membuat suasana jadi ger-geran. Ia mengatakan mana ada orang yang makan marmer. Pastinya roti itu keras dan tidak enak.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, DBL Seri Mataram Berjalan Lancar

“Marmer kok dipangan (marmer kok dimakan), atos tho (keras pastinya),” canda Ganjar.

Rayuan emak-emak itu berhasil meluluhkan hari Ganjar. Ia yang biasa memborong produk UMKM yang didatanginya, langsung kepincut dan membeli roti-roti itu.

Berbagai jenis roti diborongnya, termasuk roti marmer yang membuatnya penasaran. Ibu Basuki, pemilik toko roti sekaligus penggagas kampung roti mengatakan, ia membuka usaha roti pada 1995.

Dari awalnya dititipkan di warung-warung, kemudian membuat toko di rumahnya, dan membagikan resep roti pada warga sekitar.

“Jadi warga sini banyak yang buat roti. Di tempat saya saja, ada 20 (orang) karyawan,” katanya.

Baca juga : Gandeng Koperasi Pesantren, Bank Sinarmas UUS Layani Setoran Haji

Ibu Basuki menerangkan, pada awal pandemi penjualan roti di tempatnya itu menurun drastis. Dalam sehari, biasanya hanya laku satu loyang.

“Kalau sekarang sudah naik jadi 75 persen. Karyawan juga sudah masuk semuanya. Di sini terkenal dengan roti yang enak, ada roti marmer, pisang keju, roti gulung, dan lainnya. Roti marmer itu laku keras, karena empuk,” jelasnya.

Ibu Basuki sangat senang didatangi Ganjar. Selain menambah semangatnya dan warga sekitar, Ganjar juga memborong berbagai jenis roti yang dijajakan.

“Seneng sekali diborong Pak Ganjar. Itu berkah dari Tuhan,” ucapnya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi cara Ibu Basuki dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Dengan keikhlasannya membagikan resep pada warga sekitar, dia berhasil meningkatkan ekonomi warga.

Baca juga : Jadi Biang Kerok Kerusuhan, Twitter Kunci Akun Trump

“Ini ternyata kampung roti, dan Ibu Basuki ini aktornya. Beliau membagikan resep pada warga sekitar. Saya tanya apa nggak rugi, jawabannya biar ngrejekeni. Ini khas Indonesia, khas Klaten. Masyarakatnya guyub, suka tolong menolong dan saling mendukung,” terangnya.

Ganjar terkesan dengan jenis roti yang diproduksi. Seperti, roti marmer atau roti tegel yang dihasilkan. “Bentuknya menarik, ada roti marmer, roti tegel. Bentuknya macem-macem. Dan ternyata ini diburu banyak orang.

Meskipun tempatnya di dalam perkampungan, tapi kalau enak pasti dicari. Ini bagian dari pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif yang harus didorong,” pungkasnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.