Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Harganya Murah Dan Karya Anak Bangsa

Netizen Nyaman Pake GeNose Akurasinya Di Atas 90 Persen

Rabu, 31 Maret 2021 05:26 WIB
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (20/3). (Foto : M Qori Haliana/RM).
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (20/3). (Foto : M Qori Haliana/RM).

 Sebelumnya 
“Tes GeNose C19 dapat diambil sebelum keberangkatan di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api atau terminal sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata @lawancovid19_id.

Ms Kiky menyambung. Dia menjelaskan, GeNose adalah alat deteksi Covid-19 melalui hembusan napas yang ditemukan peneliti UGM. Hasilnya teruji. “Akurasinya di atas 90 persen,” kata dia.

Menurut @Htanuw, syarat perjalanan menggunakan GeNose lebih fair karena on the spot sebelum keberangkatan. Sementara alat tes yang lain harus hasil tes negatif dan pelaksanaan tesnya bukan sewaktu keberangkatan.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Bagi Lansia Digelar Di Kabupaten Dan Kota

Raka Febrianto bersyukur karena hasil tes GeNose sudah bisa untuk persyaratan penerbangan. Dia bilang, sedari dulu naik pesawat menggunakan rapid tes antigen yang biayanya sekitar Rp 250 ribu.

“Alhamdulillah ya Allah. Sekarang GeNose cuma 30 ribu saja. Nggak apa-apa ini buat formalitas aja tesnya,” katanya.

“GeNose saja, murah, cepat, nyaman,” dukung Abrakadabra_2010. “GeNose ini paling simpel dan murah,” tambah Rizal Firmansyah.

Baca juga : Para Lansia Harus Divaksinasi Secepatnya

Menurut Soebandrio, GeNose merupakan alat tes Covid-19 yang efisien dan efektif. Dan sekarang sudah tersedia dan boleh digunakan sebagai syarat perjalanan dengan moda transportasi apa pun. “Bisa memilah mana yang sehat dan yang sakit,” kata dia.

“Mudah-mudahan kerumunan akibat antrean yang akan tes GeNose sudah diantisipasi,” harap Akhtar.

Menurut @YPR, GeNose sangat membantu untuk tracing masif di masyarakat bawah. Kata dia, pemerintah dapat memberdayakan RT/RW dan Puskesmas untuk itu. “Perlu dipertimbangkan,” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.