Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Blusukan Di Semarang

Ganjar-Sandi Cocok Nih

Sabtu, 3 April 2021 07:58 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kompak saat blusukan di Semarang, Kamis (1/4). (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kompak saat blusukan di Semarang, Kamis (1/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno begitu kompak saat blusukan di Semarang, Kamis (1/4) lalu. Saling puji, juga saling menghormati. Menyaksikan kemesraan Ganjar-Sandi ini, ada yang menilai mereka cocok dipasangkan di Pilpres 2024. Mungkinkah?

Ganjar-Sandi blusukan di Desa Lerep, Desa Wisata andalan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Awal Maret lalu, desa ini dapat penghargaan dari Sandi sebagai desa wisata berkelanjutan terbaik.

Sandi datang lebih awal. Ia disambut Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Sempat ditawari makanan selametan khas desa itu, namun Sandi menolak halus, karena sedang puasa. "Boleh dibungkus, Pak," jawab Sandi.

Baca juga : Berharap Pun, Ganjar Bilang Nggak Berani

Tak lama setelah itu, Ganjar tiba. Saat itu, sedang turun hujan lebat. Sambil memegang payung, orang nomor satu di Jateng itu, lari-lari kecil. Ia bergegas menemui Sandi.

Hari itu, Ganjar tampil mengenakan pakaian khas Jawa. Sementara Sandi, mengenakan hoodie biru dongker, khas gaya anak muda. Meskipun penampilannya beda dan tidak satu partai, Ganjar dan Sandi terlihat kompak dan akrab.

Dalam beberapa kesempatan, Sandi terlihat memayungi Ganjar. Ketika salam Corona, Ganjar membungkuk. Sandi membalasnya dengan membungkuk lebih dalam lagi. Keduanya juga terlihat saling memuji satu sama lain.

Baca juga : Resmi Dilarang, Mudik Jadi Trending Topic

"Jangan-jangan ini, besok jadi calon presiden sama wakil presiden," goda pembawa acara. Sontak, hadirin bersorak dan tepuk tangan.

Momen blusukan ke desa wisata itu, yang diunggah Sandi di Instagram, juga mendapat banyak tanggapan. Termasuk dikomentari Ganjar. "Siap perintah Pak Menteri," tulis Ganjar.

Melihat hal ini, banyak warganet rame-rame "nyomblangin" keduanya buat nyapres. "Ganjar-Sandi yok, 2024," tulis akun @suarakeadilan. "Cocok untuk 2024," sahut @milhiasjacob. "Presiden dan wakil presiden," tulis @rechanp. "Pasangan super ideal, RI 1 dan RI 2," komentar akun @mursidbudihartoyahoo.com1523.

Baca juga : KLHK Luncurkan Sistem Pembelajaran Gender KIE-SRAGEN

Sejauh ini, elektabilitas keduanya di sejumlah lembaga survei memang tinggi. Ganjar misalnya. Dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, mayoritas responden yang mendukung Jokowi akan mengalihkan suaranya ke Ganjar di Pilpres 2024.

Kesimpulan itu didapat dari jawaban spontan responden terkait Capres 2024. Hasilnya, Jokowi masih yang paling banyak dijagokan jika nyapres lagi. Yakni 15,2 persen. Di bawahnya, Prabowo Subianto 13,4 persen. Lalu, Ganjar 6,1 persen, Anies Baswedan 5,4 persen, Sandi 3,1 persen.

Tapi, kalau Jokowi tak nyapres lagi, maka Ganjar yang paling banyak dipilih. Elektabilitasnya mencapai 18,4 persen. Suara pendukung Jokowi tumpah ke Ganjar. Sementara Anies, dapat urutan kedua: 15,2 persen. Lalu, Ridwan Kamil 13,1 persen, dan Tri Rismaharini 12,7 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.