Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siap-siap Belajar Tatap Muka

Gibran Kebut Vaksinasi Buat Guru

Selasa, 6 April 2021 11:39 WIB
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Juli 2021.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bahwa percepatan vaksinasi dilakukan untuk tenaga produktif. "Termasuk di sektor ekonomi dan pariwisata, sehingga percepatan pemulihan sektor pendidikan juga dibarengi pemulihan sektor ekonomi," katanya saat Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 di Balai Kota Surakarta, Senin (5/4).

Baca juga : Gibran: Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli, Nggak Boleh Mundur

Ia melanjutkan, pembukaan sekolah merupakan salah satu indikator bahwa kondisi perekonomian di Kota Solo sudah pulih pascapandemi Covid-19. "Tidak boleh mundur, pada bulan Juli harus buka PTM," katanya.

Untuk memenuhi sarana dan prasarana PTM, Pemkot Surakarta akan mencarikan dana dari corporate social responsibility(CSR). Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan PTM berjalan lancar maka infrastruktur harus dipastikan kelengkapannya.

Baca juga : Dibukanya Belajar Tatap Muka, FKG Usakti Edukasi Siswa Prokes Selama Sekolah

"Harapan kami, Juli nanti betul-betul bisa clearsarana dan prasarana prokesnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati mengatakan untuk memenuhi sarana dan prasarana PTM, anggaran yang digunakan berasal dari dana BOS, bantuan dari swasta, dan yayasan sosial lainnya.

Baca juga : Belajar Tatap Muka Terbatas Jadi Prioritas Utama, Vaksinasi Guru Dikebut

Ia mengatakan saat ini ada 25 sekolah menengah pertama (SMP) yang sudah siap untuk melakukan uji coba PTM. Berdasarkan data, untuk guru yang sudah divaksin sebanyak 5.200 orang dan 5.000 guru lainnya masih menunggu giliran. "Untuk guru TK dan SD baru menyusul secepatnya divaksin," katanya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.