Dark/Light Mode

12 April Rukyatul Hilal Ramadhan 1442 H, Tinggi Hilal di Atas 3 Derajat

Minggu, 11 April 2021 12:17 WIB
Proses Rukyatul Hilal Ramadan. [Foto ilustrasi: Kemenag Bengkulu]
Proses Rukyatul Hilal Ramadan. [Foto ilustrasi: Kemenag Bengkulu]

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) melaksanakan rukyatul hilal (melihat bulan sabit) Ramadan 1442 H di 35 titik di seluruh Indonesia pada Senin (12/4).

LF PBNU telah melakukan perhitungan terhadap hilal Ramadan 1442 H dengan metode perhitungan hisab jama’i pada markaz Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, dengan koordinat 6º 11’ 25” LS 106º 50’ 50” BT.

Baca juga : BMKG Gelar Rukyat Hilal Awal Syakban 1442 H

Dari hisab tersebut diperoleh data, ketinggian hilal sudah mencapai 3 derajat 37 menit 01 detik dengan durasi kemunculannya mencapai 17 menit 11 detik, sedangkan ijtimak atau konjungsi terjadi pada Senin, 12 April 2021 pukul 09:29:29 WIB.

Artinya, tinggi hilal sudah memenuhi kriteria imkanur rukyah (bisa dilihat) dan kemungkinan hilal terlihat, yakni sebesar 2 derajat. Sementara tinggi hilal di wilayah lain juga masih di atas 3 derajat. Hanya ada tiga provinsi yang tinggi hilalnya di bawah 3 derajat dan di atas 2 derajat, yakni Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Baca juga : Bamsoet Ajak Ikatan Pelajar Muhammadiyah Tingkatkan Kualitas Demokrasi

“Dari hasil hisab dapat diketahui bahwa parameter hilal terkecil terjadi di Kota Jayapura Provinsi Papua (tinggi +2º 46’, lama hilal 13 menit 28 detik), sedangkan parameter hilal terbesar terjadi di kota Pelabuhan Ratu Sukabumi Provinsi Jawa Barat (tinggi +3º 38’, lama hilal 17 menit 11 detik),” jelas Ustadz Marufin Sudibyo, Wakil Sekretaris LF PBNU kepada NU Online.

Sebagai informasi, rukyatul hilal sebagai upaya untuk menentukan tanggal 1 Ramadan 1442 H ini digunakan berdasarkan Keputusan Muktamar NU ke–30 tahun 1999 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Hal ini digelar di seluruh Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah hukum.

Baca juga : Aplikasi Help Ramaikan Pasar Ekspedisi, yang Cepat dan Murah

Penyelenggaraan dan pengawasan kegiatan rukyatul hilal tersebut dikoordinasikan oleh LF PBNU dan hasil–hasilnya dilaporkan kepada PBNU untuk disampaikan pada forum sidang itsbat (penetapan) Kementerian Agama RI yang akan digelar pada Senin (12/4) secara hybrid, yakni dalam– jaringan (online) dan luar–jaringan (offline).

Hasil–hasil rukyatul hilal dalam jejaring LFNU sekaligus menjadi landasan bagi ikhbar untuk Nahdliyin. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.