Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Generasi Muda FKPPI Dorong Peningkatan IPP Jabar Untuk Pemuda Juara

Minggu, 11 April 2021 15:14 WIB
Silaturahmi lintas OKP Jawa Barat, di Markas FKPPI Jabar, Jalan Banda 5, Kota Bandung, Sabtu (10/4). (Foto: Istimewa)
Silaturahmi lintas OKP Jawa Barat, di Markas FKPPI Jabar, Jalan Banda 5, Kota Bandung, Sabtu (10/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Jawa Barat (Jabar) Vera Hermawan menilai, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di daerahnya masih perlu ditingkatkan demi menciptakan pemuda Jabar juara lahir dan batin. Saat ini, IPP Jabar di angka 50,00 pada 2019 atau berada di urutan ke-20 dari 34 provinsi di Indonesia.

"IPP Jawa Barat perlu ditingkatkan karena potensi pemuda Jabar sangat besar," ujarnya, saat silaturahmi lintas OKP Jawa Barat, di Markas FKPPI Jabar, Jalan Banda 5, Kota Bandung, Sabtu (10/4).

Baca juga : Atasi Covid-19, Bamsoet Dorong Peningkatan Ketersediaan Laboratorium Kesehatan

Vera, yang juga bakal calon Ketua KNPI Jawa Barat ini menilai, sejumlah program kepemudaan yang diinisiasi Gubernur Jabar Ridwan Kamil, seperti Jabar Future Leader atau ajudan milenial telah memberi ruang bagi pemuda untuk belajar kepemimpinan dan pemerintahan. Selain itu, Ridwan Kamil juga memberi wadah bagi pemuda untuk berinovasi dan terlibat dalam pembangunan Jabar melalui Jabar Innovation Fellowship dan Patriot Desa.

"Pemprov telah membuat program nyata yang berorientasi pada upaya memajukan kepemudaan," katanya.

Baca juga : Pembukaan Sekolah Tidak Perlu Tunggu Juli

Namun demikian, kata Vera, upaya yang dilakukan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, akan kurang optimal jika tidak ada spirit dari para pemuda Jabar. Padahal, jumlah pemuda di Jabar sangat banyak. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas atau lebih pada 2019 mencapai 36,58 juta orang.

Karena itu, upaya Pemprov Jabar harus mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama dari organisasi kepemudaan seperti KNPI dan Generasi Muda FKPPI serta komunitas pemuda di Jabar lainnya. "Paling utama adalah para pemuda Jabar harus punya spirit untuk maju lahir batin," ujarnya.

Baca juga : PLN Dorong Penggunaan Kompor Induksi Di Perumahan

Dia menilai, para pemuda Jabar harus berinovasi dan berkolaborasi, salah satunya dengan cara berorganisasi. Melalui organisasi, pemuda belajar untuk menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri juga untuk orang banyak. Dengan berorganisasi, pemuda juga belajar menghargai perbedaan, memperkuat persatuan, dan menanamkan nilai-nilai Pancasila. "Saya yakin dengan cara tersebut, pemuda Jabar menjadi juara Indonesia," tegasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.