Dark/Light Mode

Sido Muncul Kasih Rp 500 Juta

Risma Siapin Banyak Bantuan Untuk NTT

Kamis, 15 April 2021 07:47 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat menerima bantuan secara simbolis dari Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat di Jakarta, kemarin. Sido Muncul menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 500 juta ke Kementerian Sosial (Kemensos) yang akan didistribusikan untuk korban bencana banjir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur. (Foto : Istimewa).
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat menerima bantuan secara simbolis dari Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat di Jakarta, kemarin. Sido Muncul menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 500 juta ke Kementerian Sosial (Kemensos) yang akan didistribusikan untuk korban bencana banjir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 500 juta ke Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan akan segera didistribusikan untuk korban bencana ban­jir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Diketahui, banjir bandang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4) dan menelan ratusan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materiil.

“Ini (bantuan) kedua ya. Kemarin di Sulawesi, terus ini adalah bantuan yang kami se­rahkan untuk saudara-saudara kita yang (terkena) banjir ban­dang di NTT,” ujar Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Brantas Abipraya Berikan Bantuan Kemanusian untuk NTT

“Ini sebagai tanda saya percaya pemerintah. Saya ikut merasakan bencana yang menimpa masyarakat di NTT, tentunya sangat berat bagi mereka. Saya berharap ban­tuan ini sedikit meringankan mereka,” lanjutnya.

Bantuan yang diserahkan Sido Muncul mendapat sambutan baik dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Risma mengapresiasi upaya inisiasi dari Sido Muncul untuk membantu para korban yang tengah menghadapi situasi sulit.

Risma menjelaskan, ban­tuan tersebut akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan dasar korban di seluruh wilayah yang terdampak bencana.

Baca juga : Menkes Butuh Bantuan Swasta

“Saat ini untuk kebutuhan makanan, kita juga kirim dari Surabaya. Jadi terus menerus begitu menipis kita lang­sung kirim. Ini kita nyebar, jadi bukan hanya Adonara dan Lembata yang jumlah korban besar. Kita juga kirim ke Sumba Timur, Alor, “ kata Risma.

Selain makanan, Risma me­nyebut, pihaknya akan ber­fokus pada upaya membangun kembali rumah yang rusak aki­bat diterjang banjir, baik yang rusak ringan maupun berat. Hal ini mengingat sebagian besar korban masih tinggal di tempat pengungsian.

“Kemarin kita sumbang­kan untuk makanan. Ini nanti mungkin kita akan sumbang­kan untuk pembangunan ru­mah, terutama warga yang sudah siap lahannya,” terang Risma.

Baca juga : BNPB Tancap Gas Distribusikan Bantuan Logistik Buat NTT

“Tapi akan lebih baik untuk pembangunan rumah karena mereka berada di tempat pengungsian yang kondisinya memprihatinkan,” imbuh­nya.

Diungkapkan Risma, dalam melaksanakan pembangunan rumah bagi para korban, Kemensos turut bekerja sama dengan BNPB. Dia menye­but BNPB telah menyiapkan anggaran khusus untuk pem­bangunan rumah, yaitu sekitar Rp 50 juta per rumah. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.