Dark/Light Mode

Berlabuhnya Tanker VLCC Berkapasitas 2 Juta Barel

Pertamina Kudu Berjaya Sebagai Pemain Global

Sabtu, 17 April 2021 05:14 WIB
Kapal Tanker Pertamina Pride tiba di Indonesia usai berlayar dari Jepang. (Foto : Dok. Pertamina).
Kapal Tanker Pertamina Pride tiba di Indonesia usai berlayar dari Jepang. (Foto : Dok. Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis kebutuhan pasokan energi nasional bakal terpenuhi. Hal ini seiring dengan datangnya kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) Pertamina Pride berkapasitas 2 juta barel milik Pertamina Internasional Shipping (PIS) pada Kamis (15/4).

PIS merupakan Sub Hold­ing PT Pertamina (Persero) ini juga didukung penuh untuk menjadi Integrated Logistic and Marine Solution Com­pany dan global player.

Baca juga : 2 Tangki Berhasil Dipadamkan, Pertamina Terus Jinakkan Si Jago Merah

“Pertamina siap menunjang penyaluran pasokan energi na­sional,” ujar Erick di Jakarta, Kamis (15/4).

Kapal raksasa itu berlayar sejak 9 Februari 2021dari JMU Ariake Shipyard, Jepang, dan telah bersandar di Teluk Se­mangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Baca juga : Bareskrim Periksa Sadikin Aksa Sebagai Tersangka Hari Ini

Mantan bos Inter Milan ini juga mengapresiasi upaya Per­tamina dalam melakukan trans­formasi dan menghadirkan value creation, sehingga dapat menjadi perusahaan global.

“Pertamina harus kembali ke masa kejayaannya di tahun 70-an, menjadi global player dan siap bersaing yang didasari oleh Good Corporate Gover­nance (GCG),” tegas Erick.

Baca juga : Anak Usaha Pertamina Operasikan 15 Wilayah Kerja Geothermal

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengaku, investasi yang dilakukan dengan menghadirkan dua kapal, yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime ini sejalan dengan arahan pemegang saham untuk go global.

Rencananya, kedua kapal ini akan melayani pasar luar negeri dan mengangkut crude dari Aramco ke Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.