Dark/Light Mode

Berlabuhnya Tanker VLCC Berkapasitas 2 Juta Barel

Pertamina Kudu Berjaya Sebagai Pemain Global

Sabtu, 17 April 2021 05:14 WIB
Kapal Tanker Pertamina Pride tiba di Indonesia usai berlayar dari Jepang. (Foto : Dok. Pertamina).
Kapal Tanker Pertamina Pride tiba di Indonesia usai berlayar dari Jepang. (Foto : Dok. Pertamina).

 Sebelumnya 
“Dengan kapal sendiri kita memiliki fleksibilitas yang lebih karena Pertamina memi­liki cadangan di luar negeri dan produksi 110 ribu barel per hari,” terang Nicke.

Selain itu, lanjut Nicke, PIS akan bertransformasi menja­di integrated marine logistic, karena bukan hanya mempunyai kapal, tapi juga sarana tambahan dan storage yang ada di pelabuhan. Dengan demikian, value chain yang akan dikelola PIS juga akan semakin besar.

Baca juga : 2 Tangki Berhasil Dipadamkan, Pertamina Terus Jinakkan Si Jago Merah

Sementara, Direktur Utama PIS Erry Widiastono menjelas­kan, sebagai perusahaan ship­ping yang berorientasi pada kon­sumen, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan energi dengan terus melahirkan berba­gai terobosan.

Salah satunya dengan meng­hadirkan kapal tanker raksasa, VLCC Pertamina Pride yang berkapasitas dua juta barel dan dibangun di Galangan Japan Ma­rine United (JMU) sejak 2018.

Baca juga : Bareskrim Periksa Sadikin Aksa Sebagai Tersangka Hari Ini

Menurutnya, VLCC Pertamina Pride ini untuk mempermudah alur distribusi energi, dan menga­mankan pasokan kebutuhan cap­tive crude ke refinery atau kilang Pertamina secara FOB (Free On Board) Ras Tanura-Cilacap.

“Jadi alur distribusi energi akan lebih efisien, sehingga siap menjadi urat nadi distribusi energi untuk negeri,” kata Erry. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.