Dark/Light Mode

Percuma, Target 2070 Sudah Telat!

Net Zero Summit 2021 Desak Net Zero Emission Maju Ke 2045

Rabu, 21 April 2021 15:33 WIB
Percuma, Target 2070 Sudah Telat! Net Zero Summit 2021 Desak Net Zero Emission Maju Ke 2045

 Sebelumnya 
Yang penting dalam Net Zero Emission bukan saja target angka penurunan, namun juga jangka waktunya. Pencapaian Net Zero di tahun 2070 akan sangat terlambat dan sia-sia, karena jatah karbon kita untuk menjaga kenaikan suhu bumi sebatas 1,5 Celsius hanya sampai 2050. Karenanya, Indonesia Net Zero Summit berpandangan bahwa jangka waktu untuk mencapai Net Zero yang paling tepat adalah 2050 dan bahkan 2045.

Kajian terkini dari BAPPENAS bahkan menunjukkan, menetapkan target net zero di tahun 2045 atau 2050 akan mendatangkan manfaat ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan target 2070, sebagaimana yang diajukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga : Ini Dia Dua Srikandi PLN Yang Ikut Bangun Tower Listrik Darurat Di NTT

BAPPENAS menunjukkan, net zero emission di tahun 2045 dan 2050 akan dapat menghasilkan pertumbuhan perekonomian setinggi 6,21% dan 6,06% yang lebih tinggi dibandingkan dengan penetapan target net zero emission di 2070 yang hanya akan menumbuhkan perekonomian sebanyak 5,82% dalam 10 tahun ke depan. Masalahnya adalah, bagaimana perencanaan konseptual BAPPENAS ini dapat dijelmakan dalam kebijakan pemerintah yang nyata di lapangan.

Karena net zero future tidak dapat dicapai dalam sekejap mata, kami menghimbau pemerintah untuk sejak sekarang merumuskan dan menjalankan paradigma pembangunan baru untuk mencapai net zero future, yaitu pembangunan rendah karbon.

Baca juga : Dekat Dengan Korporasi, Kalbis Institute Jadi Sentra Vaksinasi Di Wilayah Jaktim

Baik Pemerintah dan pelaku usaha Indonesia harus melihat pembangunan hijau sebagai suatu peluang ekonomi yang luar biasa, mengingat sekarang ini sedang terjadi pergeseran besar dalam ekonomi dunia ke arah dekarbonisasi.

Paradigma pembangun net zero ini harus dicerminkan dalam transformasi kebijakan di berbagai sektor: kehutanan, energi, transportasi, industri, infrastruktur, limbah, pendidikan, perdagangan, maritim. Pembangunan rendah karbon dapat membuka pintu lebar-lebar akan peluang investasi hijau dan lapangan pekerjaan baru.

Baca juga : KPK Sidik Kasus Korupsi Lelang Jabatan di Pemkot Tanjung Balai

Di sektor lahan dan hutan saja, penetapan target net zero emission yang ambisius dan tegas dapat menumbuhkan manfaat ekonomi sebanyak 1,5 triliun dolar AS sampai 2045. Di sektor energi, komitmen yang tegas akan energi terbarukan akan dapat menghasil hampir 5 juta pekerjaan baru di energi surya dan hampir 11 juta di sektor energi secara keseluruhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.