Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polri Ungkap Penyelundupan 2,5 Ton Sabu

Kapolri: Jaringan Dikendalikan Oleh Terpidana Mati Dari Lapas

Kamis, 29 April 2021 06:35 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri), Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose (kanan) menunjukkan barang bukti sabu saat gelar kasus jaringan internasional di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/4/2021). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri), Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose (kanan) menunjukkan barang bukti sabu saat gelar kasus jaringan internasional di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/4/2021). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim gabungan Satgassus Polri dan Bareskrim Polri mengungkap penyelundupan 2,5 ton sabu dari Timur Tengah. Jaringan ini dikendalikan dari lapas, salah satunya oleh napi terpidana mati.

“Peran dari para tersangka 7 orang sebagai jaringan pengendali, 8 orang sebagai jaringantransporter, 3 orang sebagai jaringan pemesan. Di mana ada tersangka atas inisial KMK, AW, AG, A, MI, dan AL yang merupakan terpidana di lapas dengan hukuman di atas 10 tahun dan hukuman mati,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menjelaskan, kasus ini terungkap setelah pihaknya menerima informasi adanya jaringan dari luar negeri yang akan memasukkan sabu ke Indonesia. Dari hasil penyelidikan, diketahui jaringan ini menyelundupkan sabu ke Indonesia melalui jalur laut.

Baca juga : Sri Mulyani, Perempuan Paling Banyak Diberitakan Setahun Terakhir

Diperoleh informasi bahwa pada sekitar bulan Maret ini akan bergerak dari Afghanistan dengan menggunakan kapal lebih-kurang muatan narkoba di atas 2,5 ton atau hampir 5 ton yang bergerak menuju perairan Indonesia,” ujar Agus.

Polri membentuk 2 tim khusus untuk mengintai jaringan ini. Tim yang dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar dan Kasatgas Merah Putih Irjen Ferdi Sambo dan anggota Satgas Kombes Herry Heryawan, berkoordinasi dengan Bea-Cukai, BNN, hingga DEA.

“Sehingga pada saat.... ketika mulai menggerakkan... Karena titik koordinat sudah diketahui, ada di perairan Aceh. Oleh karena itu, tim kita bergerak dari mulai akhir Maret bergerak menuju ke perairan Aceh bersama-sama Bea-Cukai kemudian dengan tim yang lain,” katanya.

Baca juga : Kebijakan Kapolri Dekatkan Polisi Kepada Masyarakat

Penyelidikan membuahkan hasil. Tim gabungan menangkap para tersangka di tiga TKP berbeda pada 10-15 April 2021. Tim juga menangkap jaringan pemesan dan pengendali yang ada di lapas pada 22 dan 23 April 2021. Total ada 18 tersangka di tangkap, satu di antaranya ditembak mati.

“Ada 7 orang berperan sebagai pengendali ini adalah S, AAM, KMK, AW, HG, A, dan M. Ini merupakan 7 orang yang berperan sebagai pengendali, dari mulai pergerakan sabu-sabu ini dari Afghanistan sampai rute titik koordinat yang sudah ditentukan oleh pemesan dan telah disepakati oleh si transporter dari Afghanistan,” tutur Agus

Dia menambahkan, jaringan ini melibatkan WN Nigeria dan Malaysia. “Pada saat penangkapan tersebut, kita bisa amankan 1,2 ton sabu-sabu, ini agak berbeda dengan yang berasal dari jaringan Hong Kong, ini memang berasal dari Afghanistan, di mana melibatkan pelaku Nigeria, Malaysia, kemudian pelaku lokal yang sebagian dikendalikan dari lapas,” imbuhnya.

Baca juga : Kapolri Minta Bantuan Ulama Hilangkan Polarisasi  

Di TKP kedua, tim menangkap tersangka dengan barang bukti 1,26 ton sabu, sehingga total barang bukti ada 2,5 ton sabu yang disita polisi.

“Total 2,5 ton, di mana jaringan transporter yang berhasil diamankan ada 8, inisial ada M, MN, FR, M (yang meninggal dunia), B, UI , R dan AMF. Kemudian pemesan ada tiga orang, yaitu L, AL, dan SL,” imbuhnya. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.