Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Jokowi Minta Erick Pertahankan Kuntjoro Pinardi Di PT PAL

Kamis, 29 April 2021 22:33 WIB
Relawan Jokojek meminta Menteri BUMN Erick Thohir menolak pengunduran diri Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL (Persero) Kuntjoro Pinardi. (Foto: Ist)
Relawan Jokojek meminta Menteri BUMN Erick Thohir menolak pengunduran diri Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL (Persero) Kuntjoro Pinardi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru diangkat pada 21 April lalu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL (Persero) Kuntjoro Pinardi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya tersebut, Senin (26/4) lalu.

Sebelumnya dia diangkat menjadi petinggi PT PAL oleh Menteri BUMN Erick Thohir melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021. Praktis, Kuntjoro baru saja lima hari menjabat.

Pengunduran diri itu merupakan buntut dari pernyataan banyak pihak yang tidak sejutu atas penunjukkan dirinya menjadi bagian dari direksi BUMN industri perkapalan itu.

Relawan Jokowi-Ma’ruf, Jokojek meminta Menteri Erick Thohir menolak pengunduran diri Kuntjoro Pinardi. Koordinator Jokojek, Radius Anwar menuturkan, sebagai BUMN PT PAL dituntut untuk berkinerja moncer, dengan laba tinggi dan efisiensi maksimal, melalui infrastruktur kerja berbasis teknologi yang mumpuni.

Baca juga : Jokowi Ajak Puan Tinjau Panen Raya Di Malang

"Pencapaian target koorporasi ini beririsan dengan kehandalan di jajaran direksi, sebagai pengelola dan katalisator kinerja sumberdaya usahanya," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/4).

Sebagai BUMN terbesar di industri nasional galangan kapal, PT. PAL mengalami kerugian dalam beberapa tahun terakhir, meski sudah disuntikkan modal lewat PMN. Menteri Erick juga telah melakukan perombakan di jajaran direksi PT PAL.

"Sensitifitas insting kepemimpin Erick Thohir bekerja dengan baik. Adalah Kuntjoro Pinardi yang menjadi pilihan Erick Thohir sebagai orang nomer satu dikementerian BUMN. Kuntjoro ditetapkan untuk mengisi posisi salah satu direksi (Harkan) di PT. PAL," ujar Radius.

Menurutnya, Menteri Erick punya pertimbangan logis dan strategis bahkan ideologis untuk mengukuhkan Kuntjoro sebagai Direktur PT PAL. Profilnya mentereng, penerima beasiswa studi luar negeri, lulusan Universitas di Eropa, dengan spesialisasi keahlian teknologi semi conductor di Universitas Teknologi Delft, Belanda dan Universitas Chalmers, Swedia.

Baca juga : Anis Matta Proyeksikan Perempuan Akan Semakin Eksis Di Pemilu 2024

Selain itu, ia juga menguasai tiga bahasa asing, Inggris, Belanda dan Swedia. "Apalagi, Belanda dan Inggris, terkenal prestisius di bidang industri perkapalan dan galangan kapal dunia," terang Radius.

Di lain sisi, aktivitas kerja Kuntjoro selama 20 tahun di pergaulan bisnis internasional diyakini akan mampu menjembatani kebutuhan sinergitas PT PAL di antara industri rancang bangun tersebut. Tercatat, Kuntjoro pernah bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional. Dia pernah bekerja di Ericsson, ZTE Indonesia, Lucent Indonesia, SIAE Microelettronica, serta terakhir bekerja di Bahasa Kita sebagai CMO dan CTO.

"Untuk soal ideologisnya, Erick Thohir cukup jeli melihat passion anak bangsa ini. Idealisme berupa kecintaan kepada tanah airnya. Dia wujudkan secara nyata. Keinginan kuat membangun bangsanya sudah dilakukannya ketika Kuntjoro masih aktif sebagai guru besar madya di Universitas Chalmers, Swedia," tutur Radius.

Kuntjoro menggerakkan jaringannya guna membangun pembangkit listrik bertenaga hydro di Papua. Listrik pun menerangi Desa Wehali, Papua saat itu. Hingga kini, selepas tugasnya di Komite Pengawas Pemantau Risiko dan Teknologi Informasi, Kuntjoro aktif berkiprah di dunia pendidikan.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Hutama Karya Berhasil Pertahankan Rating Dari Fitch

"Beliau mengajar di salah satu kampus internasional di Serpong, Tangerang. Sebagai relawan Jokowi, Jokojek mengapresiasi tinggi atas keputusan Erick Thohir di PT. PAL. Untuk melindungi aset potensial bangsa ini. Bahkan jika perlu, kami mohon paksa Kuntjoro Pinardi untuk berkarya lebih bagi kemajuan bangsanya, khususnya untuk mengabdi di BUMN," tandas Radius. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.