Dark/Light Mode

Pasca Bom Makassar, Densus 88 Ringkus 99 Terduga Teroris

Jumat, 30 April 2021 17:59 WIB
Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. (Foto: Divisi Humas Polri)
Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. (Foto: Divisi Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menangkap 99 terduga teroris pasca aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. Terakhir, ada 11 teroris terkait bom di Makassar yang diamankan. Mereka adalah anggota Jamaah Anshorut Daulah (JAD).

"Kemarin tanggal 29 April 2021, sejak siang sampai malam, Densus 88 Antiteror Polri berhasil mengamankan kembali 11 terduga atau tersangka teroris kelompok JAD di Makassar," ujar Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/4).

Baca juga : Tim Densus 88 Antiteror Sudah Ciduk 60 Terduga Teroris

Kesebelas terduga teroris ini merupakan jaringan yang sama dengan para terduga teroris lain yang punya peran dalam aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3).

"Ini merupakan jaringan yang sama, yaitu jaringan yang merupakan Kelompok Villa Mutiara, kelompok teroris Jaringan Ansharut Daulah yang berafiliasi dengan ISIS. Mereka, para tersangka, memiliki keterkaitan dengan peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar," tuturnya.

Baca juga : Baru Awal Tahun, Densus 88 Sudah Ciduk 26 Teroris Di Jawa Timur

Ramadhan menyampaikan, Densus 88 telah melakukan penahanan terhadap 55 teroris di Makassar, dengan rincian 48 laki-laki dan 7 wanita.

"Pasca ledakan Gereja Katedral di Makassar pada tanggal 28 Maret 2021 lalu, Densus 88 Antiteror Polri terus melakukan kegiatan tindakan kepolisian dalam rangka mencegah aksi-aksi terorisme di Tanah Air," ungkap Ramadhan.

Baca juga : DPR Dukung Polri Terus Ungkap Jaringan Teroris

Sementara total, ada 99 terduga teroris yang sudah ditangkap. Selain 55 orang di Makassar, Densus 88 menangkap 12 terduga teroris di Jakarta, 5 di NTB, masing-masing 6 di Jawa Barat dan Jawa Tengah, 9 di DI Yogyakarta, 5 di Jawa Barat, serta 1 di Bekasi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.