Dark/Light Mode

Ribut-Ribut Tes Wawasan Kebangsaan

Firli Sudah Siap Dicaci Maki

Sabtu, 8 Mei 2021 07:27 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (tengah). (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Ketua KPK Firli Bahuri (tengah). (Foto: Tedy O Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Dalam polemik ini, Wayan memandang Firli sudah menunjukkan sikap yang seharusnya dilakukan, bahkan sangat elegan. Firli paham tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Apalagi, hasil TWK secara umum dapat dikatakan berjalan dengan baik. Karenanya, Wayan meminta semua pihak berbaik sangka. Kecuali, memang ada hal yang bisa dibuktikan terdapat penyimpangan dan kejanggalan.

"Itulah pentingnya masukan dari berbagai kalangan untuk memastikan bahwa proses tes wawasan kebangsaan itu berjalan sesuai dengan aturan dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Hal itu nantinya dapat kita jadikan koreksi atau evaluasi bagi BKN sebagai penyelenggara kegiatan," ucapnya.

Meski sudah dijelaskan begitu, yang curiga masih ada. Contohnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Dia meminta Firli buka-bukaan soal nasib 75 pegawai yang dinyatakan tidak lulus tes. 

Baca juga : Curi Start Mudik Sudah Terjadi Di Mana-mana

"Ini harus dibuka ke publik karena sudah menjadi urusan kita semua. Nasib pegawai KPK, yang sebagian berstatus penyelidik/penyidik, apalagi yang senior sudah mengharumkan nama KPK. Besarnya KPK pun tidak lepas dari peran penyidik dan pegawai KPK yang sudah berdedikasi selama ini," katanya, melalui akun Twitter @MardaniAliSera, kemarin.

Sebagian netizen juga ikut curiga dengan TWK itu. Bahkan, sebagian menghadirkan dengan kata-kata kasar.

"Ini apa-apaan ada tes model beginian. Suruh pembuat soal buka mulut dan masukkan bara ke dalamnya," tulis @rumiraphael_265. 

Baca juga : Blusukan Ke Xinjiang, Dubes Iran Lihat Warga Shalat Di Masjid

Namun, banyak juga yang membela dan mendukung Firli. Seperti akun @H_Safardan_. “Yuk kita dukung Pak Firli untuk bersih-bersih,” tulisnya.

Akun @brader_akbar, memastikan, tidak ada jegal-menjegal dalam TWK alih status pegawai KPK. “Hasil TWK nanti akan menjadi pertimbangan KPK, tidak ada intervensi dari pemerintah karena ini urusan internal KPK,” tulisnya. 

Sedangkan akun @DuaPutr73313813, mencoba berbicara netral. “Selamat pada yang lulus tes TWK di KPK. Bagi yang tidak lulus, ada opsi lain yang akan ditempuh,” tulisnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.