Dark/Light Mode

Kasih Pengertian, Kasih Senyuman

Halau Pemudik Jangan Seperti Ngusir Penjajah

Minggu, 9 Mei 2021 07:25 WIB
Petugas gabungan dalam Operasi Ketupat Lodaya dan penyekatan arus mudik di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Petugas gabungan dalam Operasi Ketupat Lodaya dan penyekatan arus mudik di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Kata Joko, setiap daerah melakukan penyekatan agar tidak ada pemudik yang berhasil melewati perbatasan daerah. Namun, ia mengakui bahwa tidak semua upaya penyekatan itu berhasil. Karena, tidak sedikit pemudik yang lolos, melewati penyekatan.

“Kita prinsipnya tidak bisa seratus persen menahan orang untuk tidak mudik. Tetapi, upaya ikhtiar pemerintah untuk menahan agar tidak mudik, dibarengi juga dengan pengorbanan masyarakat agar tidak mudik,” imbuh Joko.

Imbauan yang sama sebelumnya juga disampaikan Ketua DPR, Puan Maharani. Politisi PDIP ini meminta personel yang bertugas menghalau pemudik untuk tetap menjaga kesopanan pada masyarakat.

Baca juga : Senayan Peringatkan ASN Jangan Ambil Keuntungan

“Saya minta kepada TNI, Polri dan petugas yang besok melaksanakan tugas agar tetap menjaga kesopanan,” kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Cirebon, Rabu (5/5).

Dalam kesempatan itu, Puan meninjau rencana penyekatan yang dilakukan kepolisian, di Terminal Harjamukti dan Stasiun Cirebon. Dia didampingi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri, Irjen Istiono.

Puan meminta agar petugas yang melakukan penyekatan bisa memberi penjelaskan kepada masyarakat mengenai larangan mudik pada lebaran 2021. Kebijakan itu diambil sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Baca juga : Pandemi, Sultan HB X Imbau Perantau Jangan Mudik Dulu

“Perlu diterangkan, larangan mudik dilakukan untuk menahan laju penyebaran Covid-19,” tutur Puan.

Puan berharap, agar masyarakat bisa memahami bahwa pandemi Covid-19 hingga saat ini masih berlangsung. Karenanya, masyarakat diminta untuk bisa menahan keinginan untuk mudik ke kampung halaman.

“Kita harus bisa menjaga keselamatan keluarga dan lingkungan kita. Tahan keinginan ke luar kota. Jangan berkerumun, pakai masker yang betul, harus menutup rapat sebagian wajah,” ucap Puan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.