Dark/Light Mode

Generasi Muda Optimis Polri Kian Adaptif Dan Inovatif

Rabu, 12 Mei 2021 12:47 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada 6 Mei lalu, tepat 100 hari masa kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pada awal masa jabatannya, Listyo menawarkan berbagai inovasi di tubuh Polri. Salah satu yang menarik perhatian masyarakat adalah semangat perubahan teknologi kepolisian di Era Police 4.0. Listyo melakukan perluasan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dengan kebijakan Polantas tidak lagi melakukan penilangan. 

Ketua Pengurus Wilayah Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PW Hima Persis) DKI Jakarta Ilham Nurhidayatullah menilai, pemberlakuan sistem tilang elektronik ini merupakan sebuah terobosan besar untuk memotong potensi pelanggaran turunannya. Pada sisi lain, dengan inovasi ini, dapat mengurangi kontak langsung masyarakat dengan petugas dan potensi kerumunan, sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan saat pandemi seperti sekarang.

Baca juga : Ekonomi Bangkit, Lain Di Kata, Lain Di Data Dan Fakta

Inovasi teknologi lainnya yang diusung Kapolri, dalam hal ini Korlantas Polri, adalah Integrated Road Safety Management System (IRSMS) yang menjadi data base nasional untuk proses penyelidikan kecelakaan lalu lintas. Kemudian, ada E-Turjawali atau pencatatan kegiatan petugas berbasis aplikasi, layanan perpanjangan SIM online dan masih banyak lagi.

"Inovasi yang diusung Kapolri Jenderal Listyo ini patut diapresiasi. Pengoptimalan teknologi untuk menekan pelanggaran, penegakan hukum dan menunjang efektivitas merupakan langkah tepat dan menjadi sebuah prestasi," ungkap Ilham, di Jakarta, Rabu (12/5).

Baca juga : Dilarang Mudik, Pelni Siagakan 26 Armada Sambut Lebaran Tahun Ini

Ilham menambahkan, peran teknologi saat ini semakin vital dalam membantu pekerjaan-pekerjaan manusia. Pada sektor ekonomi, sudah lebih dulu mengoptimalkan penggunaannya. 

“Dengan masuknya teknologi di program prioritas 100 kerja Kapolri, generasi muda optimistis akan terjadi reformasi ke arah yang lebih baik di tubuh Polri ke depan. Inilah wajah Polri masa depan," pungkas Ilham. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.