Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik Hari Ini-Besok, Korlantas Lakukan Tes Covid Acak

Sabtu, 15 Mei 2021 12:49 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono. (Foto: Ist)
Kakorlantas Polri Irjen Istiono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono memprediksi, puncak arus balik libur Lebaran akan terjadi hari ini hingga besok.

"Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini sampai besok. Karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," ujar Istiono dalam keterangan pers, Sabtu (15/5).

Baca juga : Antisipasi Arus Balik, TNI-Polri Siapkan Swab Test

Dia menyebut, jutaan orang yang berangkat dari Jabodetabek ke daerah Jawa dan Sumatera saat libur Lebaran akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya akhir pekan ini.

"Data dari Kementerian Perhubungan, masyarakat yang berasal dari Jabodetabek yang ada di Jawa dan Sumatera saat ini 1,5 juta orang. Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya," tuturnya.

Baca juga : Hari Ini, Positif Covid-19 DKI Nambah 845 Kasus

Mencegah potensi penularan Covid-19, Korlantas Polri akan menerapkan kebijakan terkait arus balik ini. Mereka akan melakukan rapid test antigen secara acak kepada para pemudik yang hendak balik ke Jabodetabek, khususnya dari Sumatera, mulai hari ini.

"Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi Covid-19 oleh karenanya sebelum melakukan penyeberangan harus dilengkapi surat bebas Covid-19," beber Istiono.

Baca juga : Acara Dihadiri Lebih Dari 50 Ribu Penonton, Selandia Dan Australia Bebas Covid-19

Nantinya, jika ada yang positif virus Corona dari rapid test antigen di lokasi, Korlantas Polri tidak akan mengizinkan warga tersebut melanjutkan perjalanan. "Langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk," tegasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.