Dark/Light Mode

Kosgoro 1957 Imbau Umat Islam Tak Terprovokasi Seruan Jihad Bantu Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 13:21 WIB
Ilustrasi warga Palestina jatuh usai terlibat bentrok penyerangan tentara Israel di Masjid Alqsa. (Ist)
Ilustrasi warga Palestina jatuh usai terlibat bentrok penyerangan tentara Israel di Masjid Alqsa. (Ist)

 Sebelumnya 
3. Berdasarkan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, maka Kosgoro 1957 meminta kepada pemerintah, untuk lebih berperan secara nyata dan maksimal berupa penggalangan melalui organisasi Dewan Keamanan PBB.

Supaya PBB memberikan sanksi yang tegas kepada Israel, jika penyerangan ini memenuhi syarat sebagai pelanggaran atas nilai-nilai kemanusiaan.

Baca juga : LSM Mahathir Serukan Solidaritas Untuk Palestina

4. Meminta Pemerintah Indonesia untuk bekerjasama dengan Organisasi Kerjasama Negara-Negara Islam (OKI), untuk bersama-sama menggalang dukungan internasional tentang kemerdekaan negara Palestina sebagai solusi substansial dan komprehensif untuk mengakhiri konflik di Timur Tengah. 

5. Meminta kepada pihak-pihak yang bertikai yaitu Palestina dan Israel untuk lebih mengedepankan penyelesaian secara damai melalui meja perundingan dan diplomasi politik atas dasar kemanusiaan yang adil dan beradab demi terwujudnya kedamaian secara menyeluruh di Timur Tengah.

Baca juga : Golkar Kecam Keras Serangan Israel Ke Palestina

6. Meminta kepada organisasi kemasyarakatan di dalam negeri untuk bersama-sama melakukan gotong royong membantu warga Palestina yang saat ini mengalami tragedi berdarah akibat serangan tentara Isreal dengan penggalangan bantuan kemanusiaan.

7. Meminta kepada Warga Negara Indonesia khususnya ummat Islam agar tak terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang menjadikan peristiwa ini, dimaknai sebagai perang jihad yang berbau agama. 

Baca juga : Kutuk Israel, Solidaritas Muslim Asia Tenggara Galang Dana Untuk Palestina

Ketua Bidang Hukum dan HAM PPK Kosgoro 1957, Muslim Jayabutarbutar menambahkan, masalah Palestina selain kedaulatan yang dirampas oleh Israel, juga menyangkut harkat martabat kemanusiaan warga Palestina yang terdiri dari berbagai agama. 

"Kosgoro 1957 menghimbau kepada semua ormas Islam untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada anggotanya agar konflik Palestina tidak mengganggu kehidupan kerukunan antar ummat beragama di Indonesia," imbuhnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.