Dark/Light Mode

Perhatian...Masker Tak Efektif Jika Tak Higienis Dan Nggak Layak Digunakan

Jumat, 28 Mei 2021 08:10 WIB
Waktu efektif mengganti masker me­dis atau bedah dan cara menggunakannya dengan benar. (Foto : Instagram @Satgascovid19.kara­wang).
Waktu efektif mengganti masker me­dis atau bedah dan cara menggunakannya dengan benar. (Foto : Instagram @Satgascovid19.kara­wang).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye memakai masker dengan benar terus menerus dilakukan. Apalagi, sekarang ada tren penurunan ketaatan masyarakat dalam meng­gunakan masker dengan baik dan benar.

Satgascovid19.kara­wang mengunggah meme tentang waktu efektif mengganti masker me­dis atau bedah dan cara menggunakannya dengan benar. Penggunaan masker menjadi tidak efektif jika masker tidak lagi higienis dan tidak layak digunakan.

Waktu mengganti masker bedah dengan benar. Pertama, penggunaan masker lebih dari 4 jam. Kedua, masker yang sudah dibuka saat makan dan minum sebaiknya diganti masker baru.

Baca juga : Dokter, Perawat, Obat-obatan, Ruangan, Semuanya Sudah Siap

Ketiga, masker sudah terasa lembab atau basah atau kotor. Dan keempat, tali masker longgar dan bagian depan robek.

“Jangan menggunakan masker berulang kali, mencuci tangan sebelum menggunakan masker, saat digunakan tangan tidak memegang di bagian luar masker, tali masker terikat kencang dan masker menutup mulut, hidung dan dagu,” tulis satgascovid19.karawang.

Imbauan serupa dilontarkan @Kota_Tangerang. Dia meminta masyarakat yang suka memakai masker bedah/medis untuk memperhatikan waktu pakai dan ganti. Tujuannya, agar fungsi maskernya tetap optimal.

Baca juga : Yang Terpenting Vaksin Buat Lansia Di Daerah Dipercepat

Masker medis ada jangka waktu pemakaian dan kondisinya. Paling gampang, wajib ganti saat basah,” sambung @RuanganDebat.

Donny Pitoy melarang pemakaian masker medis dilakukan seharian. Kata dia, untuk pemakaian masker medis, dalam sehari harus 2-3 kali ganti.

“Kalau bisa setelah waktu makan siang/malam sekalian diganti maskernya,” saran dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.