Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perhatian...Masker Tak Efektif Jika Tak Higienis Dan Nggak Layak Digunakan

Jumat, 28 Mei 2021 08:10 WIB
Waktu efektif mengganti masker me­dis atau bedah dan cara menggunakannya dengan benar. (Foto : Instagram @Satgascovid19.kara­wang).
Waktu efektif mengganti masker me­dis atau bedah dan cara menggunakannya dengan benar. (Foto : Instagram @Satgascovid19.kara­wang).

 Sebelumnya 
Imbauan serupa dilontarkan @kominfo_jtg. Dia menyarankan warga memakai masker den­gan benar. Kata dia, saat menggunakan masker, bagian depan masker jangan sampai tersentuh tangan.

“Nah, untuk penggu­naan masker kain usaha­kan ganti setiap 4 jam. Untuk surgical mask atau masker medis bisa di­gunakan selama 8 jam,” katanya.

Baca juga : Dokter, Perawat, Obat-obatan, Ruangan, Semuanya Sudah Siap

Menurut Juno, di antara seluruh jenis permukaan yang ada, virus Corona bertahan paling lama pa­da sisi luar masker medis. Untuk itu, dia menyarankan agar selalu ganti masker setiap 4 jam. “Pelajari cara mengguna­kan dan melepas masker yang benar. Sedangkan untuk masker kain pelajari cara mencuci yang benar,” kata Juno.

Akun @bridhitaputri menyarankan, penggunaan masker maksimal 4 jam. Lebih dari 4 jam harus ganti. Dia pun memberikan tips cara mengganti masker medis.

Baca juga : Yang Terpenting Vaksin Buat Lansia Di Daerah Dipercepat

“Lepas dengan pegang tali, bukan bagian penutup hidung mulut. Cuci/semprot sanitizer luar dalam, sobek/gunting/rusak dan buang. Ini untuk mencegah dipakai lagi,” ujarnya.

Menurut @KeliekSoedarto, daya filtrasi masker medis terhadap virus Corona sampai 97 persen. Masker medis, lebih efektif dibandingkan masker kain. Makanya, untuk masker kain, pemakaiannya harus dobel agar lebih aman. “Semoga kita terhindar dari terpaparnya Covid- 19,” harap dia.

Baca juga : Kampus, Ditunggu Peranmu...

Akun @bahasaaram menimpali. Dia lebih memilih memakai masker kain daripada masker medis. Alasannya, bila sudah kotor bisa dicuci. Kalau masker medis, jika sudah kotor langsung buang. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.