Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bulan Pancasila, BPIP Gelar Upacara Hingga Lomba

Jumat, 28 Mei 2021 19:29 WIB
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi dan jajaran saat jumpa pers bulan Pancasila, Jumat (28/5). (Foto: Ist)
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi dan jajaran saat jumpa pers bulan Pancasila, Jumat (28/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sejumlah acara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Selain upacara kenegaraan, BPIP juga mengadakan Bulan Pancasila per 1 Juni-18 Agustus 2021. 

Rangkaian acara terdiri dari lomba, pagelaran wayang kulit, webinar, dan kegiatan sosialisasi. Perayaan Bulan Pancasila ini mengambil tema Pancasila dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh. Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak masyarakat ikut memeriahkan Bulan Pancasila. 

"Selain itu, kami mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu hari penuh di tiap instansi dan rumah tepat pada 1 Juni nanti," ujar Yudian dalam konferensi pers di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (28/5). 

Baca juga : Baru Jadi Peserta, BP Jamsostek Tetap Serahkan Jaminan Kematian

Ikut hadir antara lain Deputi I Prakoso, Deputi II Tajuddin, Deputi III Baby Siti Salamah, Deputi IV Rima Agristina, dan Ketua Umum Peringatan Bulan Pancasila Karjono. 

Karjono menjelaskan, upacara akan digelar secara  virtual reality. Presiden Jokowi ikut hadir secara daring dari Istana. Begitu pula para pimpinan di masing masing institusi. "Selain virtual upacara digelar langsung di Gedung Pancasila, diikuti BPIP dan pasukan dari Garnisun,"  beber Karjono.

BPIP juga mengadakan lomba pidato, Ikon Pancasila dan pagelaran wayang kulit. Wayang kulit akan menceritakan lakon Bima Bungkus dengan dalang Ki Warseno Slank. Digelar di padepokan Ki Warseno, Solo, Jawa Tengah pada 6 Juni 2021. "Ini pas dengan hari lahir Soekarno," imbuh Karjono.

Baca juga : Waka BPIP: Stop Perdebatan Harlah Pancasila 1 Juni

Rima Agristina mengingatkan, agar  masyarakat yang ikut upacara tetap menerapkan protokol kesehatan. Upacara ini akan diikuti seluruh pemerintahan provinsi dan masyarakat yang ada di luar negeri. "Semoga dengan upacara ini semangat gotong royong semakin tumbuh dan membangun kerja produktif untuk Indonesia yang tangguh," jelas Rima. 

Prakoso menambahkan, mulai 1 Juni nanti beberapa kanal media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook dan Twitter akan diramaikan dengan tagar Bulan Pancasila.

Tajuddin menimpali, BPIP akan menggelar banyak lomba di semua tingkat usia. Mulai dari PAUD, SD, sampai perguruan tinggi. Juga ada lomba untuk ASN dan umum. Lomba berupa pembuatan video pendek di Instagram dan Tik Tok, penulisan esai, dan cerita permainan tradisional. 

Baca juga : Enam Bulan Tanpa Kasus Baru, Ini Jurus Selandia Baru Lawan Covid

Selain lomba, BPIP akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dinilai sudah mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi teladan. "Pemberian penghargaan akan diumumkan pada hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia," tutup Tajuddin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.