Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dibocorin Penyidik KPK

Masiku Masih Di Sini, Terus Kenapa Nggak Diringkus Ya!

Sabtu, 29 Mei 2021 07:30 WIB
Ratusan pasukan gabungan TNI-Polri berjaga di depan Gedung KPK Jakarta, Jumat (28/5/2021). Penjagaan dilakukan mengantisipasi demonstran. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ratusan pasukan gabungan TNI-Polri berjaga di depan Gedung KPK Jakarta, Jumat (28/5/2021). Penjagaan dilakukan mengantisipasi demonstran. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan buron Harun Masiku sudah terendus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyidik KPK yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Harun Al Rasyid menyebut, mantan caleg PDIP itu sudah ada di Indonesia lagi setelah kabur ke luar negeri. Kalau sudah tahu, kenapa nggak langsung diringkus ya..

Kabar keberadaan Masiku itu terungkap dari video yang diunggah jurnalis Najwa Shihab di akun YouTube miliknya, kemarin. Video singkat berdurasi 6 menitan itu berjudul “Kesaksian Eksklusif Penyidik KPK soal Posisi Harun Masiku: Di Balik Layar Mata Najwa, Catatan Najwa”.

Video itu merekam percakapan Najwa dengan sejumlah pegawai KPK yang tak lolos TWK, yang tampil di acara Mata Najwa Trans 7 pada Rabu malam. Video itu terlihat diambil di ruang tunggu.

Baca juga : China Dituding Genosida Etnis Uighur Lagi

Obrolan Najwa dengan pegawai KPK ini serius tapi santai. Najwa mengenakan kaos bertulis “Belum Lolos Tes Wawasan Kebangsaan”. Menemani obrolan tampak sejumlah makanan ringan: lemper, risol, terhidang di piring kecil.

Meski obrolan kadang ngalor-ngidul, Najwa kembali mengarahkan pembicaraan ke kasus-kasus besar. Misalnya, ia menyinggung perkembangan kasus mantan Masiku. Sebenarnya di mana Masiku. “Masih ada di sini? Di sekitar sini?” tanya Najwa.

Harun menjawab dengan sigap. Dia bilang, ada. Sinyal keberadaan Harun itu ada. Dua bulan lalu ia telah menerima informasi mengenai keberadaan Masiku di luar negeri. Namun saat mau berangkat menyelidiki, ia mengaku dipersulit.

Baca juga : Saksi Kunci Sudah Ketemu Tapi Nggak Bisa Diperiksa

Harun memaparkan, buronan KPK itu sekarang sekarang berada di sini. Sudah masuk ke Indonesia. Kenapa tak langsung ditangkap? Dia bilang, ia tak bisa berbuat apa-apa. Soalnya pimpinan KPK sudah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 652 Tahun 2021 soal pembebastugasan 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan.

Karena itu, meskipun Masiku telah berada di Indonesia, Harun dan pegawai KPK lainnya yang menangani kasus ini tidak bisa menindak.

“Jadi, kalau SK (pembebastugasan)-nya dicabut bisa langsung ditangkap, ya?” tanya Najwa kemudian. “Ya, ditangkap,” jawab Harun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.