Dark/Light Mode

Penjualan Properti Mulai Membaik Di Masa Pandemi

Airlangga: Kami Belajar Seimbangkan Gas Dan Rem

Minggu, 30 Mei 2021 06:55 WIB
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter @PerekonomianRI)
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter @PerekonomianRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah pemerintah menekan gas dan rem dalam pemulihan ekonomi dan pengendalian Covid-19 mulai dirasakan dampaknya. Salah satu yang merasakannya yakni industri properti.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menjelaskan, dalam penanganan Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun, pemerintah banyak belajar dalam memberikan ke­bijakan.

“Kami berjuang untuk mengendalikan pandemi dan banyak hal yang dipelajari,” ujar Airlangga dalam keterangan pers virtual, kemarin.

Baca juga : Halal Bihalal dimasa Pandemi, Momentum Bekerja Dengan Teknologi

Salah satu yang dipelajari, sesuai arahan Presiden Jokowi, dengan menetapkan kebijakan yang menjaga ekonomi, tapi tidak mengabaikan kondisi kesehatan.

“Kami belajar banyak menyeimbangkan gas dan rem. Ngerem untuk pandemi Covid-19 dan tekan gas untuk ekonomi,” imbuhnya.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro dan pemberian stimulus merupakan upaya pemerintah menjaga ekonomi dan menekan Covid-19 dengan cara moderat.

Baca juga : Pertemuan Airlangga Dengan Ade Jangan Ditafsirkan Aneh-aneh

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, jika tidak fleksibel atau terlalu kaku, maka suatu kebijakan berpotensi merugikan masyarakat. Baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan.

Saat pemerintah kian lihai menginjak gas dan rem, dampaknya mulai terasa. Penjualan properti mulai membaik. Minat pembelian properti mulai bangkit didorong kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku enam bulan sejak Maret 2021.

“Ini menjadi indikator pemulihan ekonomi. Pemerintah terus menjaga ritme akselerasinya untuk sektor properti,” tutur Airlangga.

Baca juga : Sambangi Markas PDI Perjuangan, PKS Belajar Oposisi Dari Banteng

PPKM Mikro juga memberikan kelonggaran bagi pelaku usaha properti dalam menjalani berbagai aktivitas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.