Dark/Light Mode

Lantik 1.271 Pegawai KPK Jadi ASN

Firli Maju Tak Gentar

Rabu, 2 Juni 2021 07:55 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (tengah) mengacungkan jempol usai menyampaikan keterangan terkait pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (tengah) mengacungkan jempol usai menyampaikan keterangan terkait pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

 Sebelumnya 
Firli juga mengingatkan anak buahnya untuk bersiap melakukan perang badar memberantas korupsi. “Dengan menjadi manusia yang adil dan beradab, Insya Allah, Sila Ketiga Persatuan Indonesia akan menjadi kekuatan segenap bangsa Indonesia dalam perang badar melawan korupsi,” ujar anggota polisi berpangkat Komjen itu.

Firli lantas menyinggung nasib 24 dari 75 pegawai yang tak lolos TWK. Kata dia, 24 orang tersebut masih berpeluang menjadi ASN asalkan bersedia mengikuti pelatihan Bela Negara. Sedangkan 51 orang lainnya sudah game over.

Baca juga : Pesan Firli ke Pegawai KPK yang Baru Dilantik ASN: Wajib Jiwai Pancasila

“Nanti yang 24 kita ajak bicara, bersedia ikuti atau tidak? Yang jelas, kita di sini satu kesatuan untuk cari solusi terbaik. Kita juga sudah bahas dengan Kementerian Pertahanan,” bebernya.

Dalam proses alih status ini, mantan Kapolda NTB dan Kapolda Sumsel itu menyatakan, tak ada upaya diskriminasi. Semuanya diperlakukan sama. Seluruh pegawai diberikan instrumen, modul, hingga pertanyaan yang sama dalam proses TWK. Hasilnya, yang lolos 1.274 dan yang tidak lolos 75 orang.

Baca juga : Sah! Pegawai KPK Resmi Jadi ASN

“Semua dikatakan sesuai syarat dan mekanisme dan prosedur. Hasil akhir ada yang tak memenuhi syarat dan memenuhi syarat. Jadi nggak ada upaya menyingkirkan siapa pun,” tegas Firli.

Seperti diketahui, sebelum pelantikan, sekitar 600 pegawai KPK yang lolos TWK mengirim surat pada Firli. Mereka meminta agar pelantikan yang diagendakan kemarin itu, ditunda. Namun, Firli tetap melaksanakan pelantikan sesuai jadwal.

Baca juga : Besok, 1.271 Pegawai KPK Dilantik Jadi ASN

Sikap Firli yang pantang mundur ini mendapat apresiasi dari eks Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. Wakil Ketua Umum Partai Gelora ini manganggap, langkah Firli sudah tepat dengan tetap melakukan pelantikan.

Fahri optimis, KPK tidak akan pincang meskipun 51 pegawai lama dipecat. “Karena KPK yang memiliki ribuan pegawai dan anggaran yang kuat, masih akan tetap bisa berjalan,” kata Fahri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.