Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Di Klaten Meningkat

Masyarakat Diminta Jangan Kasih Kendor Prokes

Senin, 7 Juni 2021 16:26 WIB
Ilustrasi (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Ilustrasi (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai peningkatan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut, di antaranya dengan memperketat protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Cahyono Widodo mengatakan, sampai pekan pertama Juni 2021 penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten menunjukkan peningkatan cukup serius.

Penambahan kasus positif Covid-19 hingga Sabtu (5/6) mencapai 102 orang. Penambahan kasus ini menjadi capaian tertinggi semenjak lebaran. Dua penambahan kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Manisrenggo dengan 26 kasus dan Kebonarum dengan 11 kasus.

Baca juga : Kasasi Dikabulkan MA, KPK Segera Jebloskan Legal Manager Duta Palma Ke Bui

“Terhitung Sabtu (5/6) terdapat 87 pasien yang dinyatakan sembuh, penambahan 107 pasien terkonfirmasi covid-19 dan empat pasien meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah kumulatif Covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi 9.157 kasus .

Dari jumlah tersebut 450 (orang) menjalani perawatan/ isolasi mandiri, 8.107 (orang) sembuh dan 600 (orang) meninggal dunia” jelas Kepala Dinas Kesehatan Klaten Cahyono Widodo dalam rilisnya Sabtu (5/6) .

Adapun pasien yang telah dinyatakan sembuh ada 87 orang, dengan rincian dari Kecamatan Bayat satu kasus, Ceper 16 kasus, Delanggu satu kasus, Jatinom empat kasus, Karanganom sati kasus, Kebonarum empat kasus, Klaten Selatan 12 kasus.

Baca juga : Prokes Harus Diawasi, Jangan Kadang Ketat, Kadang Longgar

Kemudian Kecamatan Klaten Tengah dua kasus, Klaten Utara 33 kasus, Ngawen dua kasus, Prambanan sembilan kasus, Tulung satu kasus, serta Kecamatan Wedi satu kasus. Pasien yang dinyatakan sembuh hari seluruhnya telah menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

“Penambahan kasus terkonfirmasi hari ini berasal dari (Kecamatan) Bayat dua kasus, Cawas 10 kasus, Ceper enam kasus, Gantiwarno tujuh kasus, Jogonalan dua kasus, Juwiring satu kasus, Kalikotes lima kasus, Karanganom satu kasus, Karangdowo satu kasus, Karangnongko dua kasus. Kebonarum 11 kasus, Klaten Selatan limakasus, Klaten Tengah enam kasus, Klaten Utara empat kasus, Manisrenggo 26 kasus, Trucuk sembilan kasus, Tulung tiga kasus, Wonosari lima kasus, serta Jatinom satu kasus” terangnya.

Dengan adanya penambahan terkonfirmasi Covid-19 tersebut, ia kembali mengingatkan masyarakat untuk lebih disiplin menaati protokol kesehatan.

Baca juga : Menkes Minta Masyarakat Jangan Pilih-pilih Vaksin

“Tegakkan lagi protokol kesehatan, jangan bosan. Memakai masker dengan baik, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir adalah cara ampuh melindungi diri dan keluarga dari penularan Covid-19,” tuturnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.