Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Kompetensi Buruh, FSPMI Bangun Gedung Pusdiklat Di Bogor

Selasa, 15 Juni 2021 20:46 WIB
Presiden DPP Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz di depan gedung Pusdiklat FSPMI di Bogor, Jawa Barat. (Foto: FSPMI)
Presiden DPP Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz di depan gedung Pusdiklat FSPMI di Bogor, Jawa Barat. (Foto: FSPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menggenjot kompetensi pekerja, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) membangun Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) di Bogor, Jawa Barat. Pusdiklat ini dibangun untuk mendidik kader FSPMI khususnya, dan kaum buruh umumnya.

"Pusdiklat ini murni milik FSPMI. Pembelian dan pembiayaan pembangunannya 100 persen dari dana anggota FSPMI," kata Presiden DPP FSPMI Riden Hatam Aziz dalam keterangannya kepada RM.id, Selasa (15/6).

Fasilitas Pusdiklat ini terdiri dari ruang pelatihan atau meting dengan kapasitas kurang lebih 100 peserta. Kamar tidur dua lantai, kolam renang, lapangan bulutangkis, basket, hingga tenis meja.

Baca juga : Menaker Apresiasi Pembangunan Pusdiklat FSPMI

"Diharapkan Pusdiklat ini mampu meningkatkan skill para pemimpin buruh dari tingkat perusahaan sampai nasional. Dan juga para anggota serikat," ujarnya.

Dia mengaku, saat ini berdiri sejumlah Pusdiklat FSPMI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Seperti Batam Kepulauan Riau, Tangerang, DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, Gorontalo, Medan, dan Aceh.

"Untuk daerah digabung dengan sekertariat atau kantor. Jadi ada satu lantai buat ruang diklat," jelasnya.

Baca juga : Ngarep Covid Segera Berakhir, Warga India Bangun Kuil Dewi Corona

Diungkapkannya, Pusdiklat ini berbeda dengan Balai Latihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan. "Beda (dengan BLK). Kalau BLK Kemnaker ada alat peraga yang lebih ke arah produksi," tuturnya.

Apakah gedung Pusdiklat yang di Bogor disewakan? "Terbatas hanya untuk kegiatan serikat pekerja atau serikat buruh secara keseluruhan," sebut Riden.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah bersama dengan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Milik Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), di Bogor, Jawa Barat, Senin (14/6) lalu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.