Dark/Light Mode

Pelaku Usaha Dukung Gerak Satgas Investasi

Kamis, 10 Juni 2021 07:59 WIB
Men­teri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto : Istimewa).
Men­teri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku usaha mendukung keberadaan Satuan Tugas Percepatan Investasi (Satgas Investasi) yang diketuai Men­teri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Wakil Ketua Dewan Per­timbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, langkah pemer­intah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memperbaiki iklim investasi. Termasuk pembentukan Satgas yang diisi orang-orang tepat ini sudah di jalur benar.

Baca juga : Telkom Hadirkan Pusat Data Terbesar Bertaraf Internasional

Selain itu, menurut Sar­man, pemerintah bergerak cepat menyusun perangkat pendukung Omnibus Law. Mulai dari menyusun se­jumlah regulasi turunannya, hingga mentransformasikan BKPM menjadi Kementerian Investasi.

“Ini langkah tepat untuk menggenjot target investasi Indonesia,” kata Sarman da­lam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Puan Minta Forkopimda Sulut Gencar Ajak Warga Ikut Vaksinasi

Ada pun tugas Satgas In­vestasi, di antaranya memas­tikan realisasi investasi setiap pelaku usaha penanaman modal dalam negeri, maupun penanaman modal asing yang berminat dan/atau yang te­lah mendapatkan perizinan berusaha.

Selain itu, Satgas ini juga mendorong percepatan usa­ha bagi sektor-sektor yang memiliki karakteristik cepat menghasilkan devisa, meng­hasilkan lapangan pekerjaan dan pengembangan ekonomi regional/lokal.

Baca juga : Fadli Zon Dukung Penguatan Alpalhankam

Menurut Sarman, strategi jemput bola tersebut akan efek­tif meningkatkan iklim investa­si nasional. Terutama terkait transformasi BKPM menjadi Kementerian Investasi.

“Dengan bentuk kemen­terian, BKPM akan makin leluasa melakukan terobosan, tidak cuma membuat regulasi. Kementerian Investasi juga bisa bergerak cepat sehingga daya saing investasi nasional bisa meningkat dan hambatan terselesaikan dengan cepat,” papar Sarman. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.