Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

JICT Dukung Pungli Pelabuhan Disikat Habis

Sabtu, 12 Juni 2021 19:08 WIB
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) saat meninjau Terminal Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/6). (Foto: Biro Pers Istana)
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) saat meninjau Terminal Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/6). (Foto: Biro Pers Istana)

RM.id  Rakyat Merdeka - Praktik pungutan liar (pungli) di pelabuhan menjadi sorotan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak tanggung-tanggung, keluhan supir truk langsung ditanggapi kepolisian dengan menangkap oknum preman di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mendukung pemberantasan pungli di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, termasuk di terminal JICT.

Senior Manager Corporate Secretary JICT Raditya Arrya mengaku prihatin atas praktik pungli yang terjadi termasuk penangkapan terhadap oknum pekerja outsourcing di terminal JICT.

Baca juga : Menpora Dukung Ekspedisi Jelajah Kebangsaan PWI Pusat

"Kami yakin bahwa ini hanya segelintir kelompok kecil oknum yang melakukan pungli di lingkungan JICT demi mendapatkan keuntungan pribadi. Untuk itu, kami akan selalu mendukung setiap upaya penegakan hukum untuk memberantas praktik pungli," tegas Raditya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (12/6).

Raditya menjelaskan, pihaknya kecewa masih ada segelintir oknum pekerja tidak bertanggung jawab dari perusahaan outsourcing yang ditunjuk oleh JICT terlibat pungli.

Ia menegaskan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan perusahaan outsourcing tersebut untuk memastikan peristiwa ini yang terakhir dan tidak terjadi lagi di lingkungan JICT.

Baca juga : Komisi VI DPR Dukung Strategi Pemulihan Asabri

Sebaliknya, kata Raditya meminta perusahaan outsourcing untuk tetap membina dan memberikan apresiasi kepada pekerja-pekerja yang bertanggung jawab dan berdedikasi baik dalam melakukan pekerjaan.

"Kepada segelintir oknum pekerja yang terlibat dalam praktik pungli ini untuk diambil tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Raditya menambahkan, perusahaan akan memperketat dan tetap menerapkan sistem whistle blowing yang telah berjalan di JICT. Hal ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di dunia kerja. Setiap pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi berat sesuai ketentuan perusahaan.

Baca juga : Jasa Armada Indonesia Dukung Integrasi Pelabuhan

Sebagai operator peti kemas terbesar di Tanjung Priok, kata Raditya, fokus JICT adalah memberikan layanan yang cepat, aman dan efisien. Menurutnya, di tengah situasi pandemi saat ini banyak tantangan harus dihadapi pelaku usaha ekspor impor yang dilayani JICT.

JICT juga mengajak dan meminta kepada setiap pengguna jasa, pelanggan, dan mitra kerja untuk tidak memberikan atau membayar biaya atau bentuk apa pun. Terkecuali, tarif resmi dan mempunyai tanda terima resmi. Dengan begitu akan membuat dengan sendiri praktik pungli hilang.

"Kita semua sebagai pelaku usaha dipelabuhan ini harus menjaga iklim usaha yang sehat dan bebas pungli. Semoga langkah penegakan hukum yang tegas dan konsisten ini akan semakin meningkatkan daya saing layanan di pelabuhan Tanjung Priok, khususnya di JICT," harapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.