Dark/Light Mode

Survei SMRC: 52,9 Persen Responden Tak Mau Jokowi Maju Capres 2024

Minggu, 20 Juni 2021 16:54 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait setuju atau tidaknya Presiden Joko Widodo maju kembali sebagai calon presiden (capres) 2024. Hasilnya, lebih dari 50 persen responden tak ingin Jokowi maju lagi.

"Kalau ditanya Presiden Jokowi harus kembali jadi capres untuk ketiga kalinya di Pilpres 2024, apakah setuju atau tidak. Yang menarik ternyata yang mengatakan tidak setuju Pak Jokowi maju tiga kalinya, ada 52,9 persen yang menyatakan tidak setuju," ungkap Direktur Komunikasi SMRC, Ade Armando, Minggu (20/6).

Baca juga : Survei SMRC: 74 Persen Responden Minta Jabatan Presiden Tetap 2 Periode

Adapun yang menyatakan setuju adalah sebesar 40,2 persen. Sedangkan sisanya, sebanyak 6,9 persen, menjawab tidak tahu. "Yang bilang setuju presiden dipilih kembali sekitar 40,2 persen," imbuhnya.

Ade mengatakan, penolakan Jokowi maju capres lagi datang dari berbagai pemilih lintas partai. Terbanyak, pemilih Partai Gerindra, PKS, dan Demokrat.

Baca juga : Puspoll: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Dan Maruf Amin Yahud

"Penolakan atas gagasan pencalonan kembali Jokowi sebagai capres berasal dari lintas pemilih partai, terutama dari massa pemilih Gerindra 78 persen, PKS 78 persen, Demokrat 71 persen, yang belum punya pilihan partai 60 persen, Golkar 54 persen, dan pemilih PKB 51 persen," rinci Ade.

Sedangkan responden yang setuju jika Jokowi maju lagi datang dari pemilih PDIP dan partai nonparlemen. 

Baca juga : Survei CISA, 51 Persen Masyarakat Tak Puas Kinerja Pemkot Bekasi

"Yang mendukung Jokowi maju lagi datang terutama dari masa pemilih PDIP 66 persen dan massa pemilih partai nonparlemen 60 persen," tandasnya.

Survei ini dilakukan pada 21-28 Mei 2021 dengan wawancara langsung atau tatap muka. Total responden sebanyak 1.072 orang dengan usia 17 tahun atau lebih. Margin of error rata-rata dari survei tersebut sebesar kurang-lebih 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 96 persen. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.