Dark/Light Mode

Survei PKB-ARSC: Demokrat 3 Besar, AHY Juga 3 Besar Ketum Parpol Laik Capres 2024

Sabtu, 22 Mei 2021 17:03 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan Kader Bangsa bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting merilis survei nasional yang dilakukan akhir April-awal Mei 2021, Sabtu (22/5).

Dalam survei ini, Partai Demokrat merangsek masuk tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi dengan proyeksi 14,8 persen, terpaut tipis dari Gerindra yang meraih 15,3 persen di posisi kedua. Sementara posisi pertama masih ditempati PDIP dengan elektabilitas sebesar 19,6 persen.

Untuk elektabilitas calon presiden (capres), nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ada di posisi keenam dengan elektabilitas 5,5 persen.

Tapi jika dibandingkan dengan ketum-ketum partai politik lain, AHY berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89 persen, di bawah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 37,92 persen, dan Ketum PDIP Megawati Soekarno dengan 10,78 persen.

Baca juga : 3 Ketua DPC Demokrat Diteror Orang Tak Dikenal, Kubu AHY Ngadu Ke Kapolri

Peneliti Akar Rumput Strategic Consulting Bagus Balghi menilai, naiknya pamor Partai Demokrat dalam survei ini tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal partai berlambang bintang mercy itu. "Khususnya, isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang meramaikan perbincangan di publik," ujarnya.

Sementara Kabalitbang DPP Partai Demokrat Tomi Satryatomo menyatakan, hasil survei ini konsisten dengan tiga hasil survei sebelumnya, yakni Indikator Politik, Balitbang Kompas dan LP3ES.

"Secara obyektif ini menunjukkan PD di bawah kepemimpinan Ketum AHY yang baru setahun, berhasil melakukan konsolidasi internal sekaligus mulai mengambil hati dan pikiran publik," ujar Tomi.

Ditambahkannya, prahara gerakan pengambilalihan kepemimpinan Demokrat (GPK-PD) yang dilakukan KSP Moeldoko dan gerombolannya, berhasil diatasi dengan clear victory baik secara politik dan hukum. "Sekaligus mendulang keuntungan elektoral," imbuhnya.

Baca juga : Kuasai Putaran 2, Qarrar Ali Sabet Juara Eshark Rok Cup Indonesia 2021

Pengamat politik dari UNJ Ubedilah Badrun mengamini kesimpulan survei PKB-ARSC bahwa publik mengharapkan regenerasi kepemimpinan partai politik. "Naiknya elektabilitas AHY dan PD juga bisa dipahami dari perspektif ini," tutur Ubedilah.

Dia menyatakan, dari delapan partai yang ada di Senayan, AHY adalah Ketum termuda. Suksesi yang mulus dalam Kongres Demokrat 2020 serta kekompakan antara AHY dan pengurus partai dalam mengatasi upaya kudeta oleh pihak eksternal, menunjukkan regenerasi kepemimpinan berjalan baik di Partai Demokrat.

"Ada semacam penerimaan kuat di internal Partai Demokrat bahwa AHY adalah harapan sekaligus takdir yang tidak bisa dihindari menjadi bagian terpenting dalam sejarah partai tersebut," tuturnya.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon.

Baca juga : Rudy Masud: Golkar Solid, Siap Usung Airlangga Hartarto Capres 2024

Sebanyak 54,8 persen responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar/mahasiswa (33 persen), karyawan swasta (28 persen) serta pengusaha/wirausaha (17 persen).

Peluncuran hasil survei ini juga dihadiri Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho, Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPP Demokrat Andi Arief, Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurrahman, Ketua DPP Partai Nasdem Saan Mustopa, dan anggota Fraksi PDIP DPR RI Rieke Diah Pitaloka. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.