Dark/Light Mode

Waspada! Kondisi Covid Makin Mendekati Puncak

Jumat, 25 Juni 2021 07:07 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: ANTARA)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan para petugas posko untuk lebih sigap menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Peningkatan makin mengerikan. Kemarin saja, kasus baru tembus 20 ribu.

Satgas menyatakan, situasi Covid-19 saat ini sudah mendekati puncak pandemi pasca libur akhir tahun lalu. Kasus aktif saat ini mencapai 160.524, nyaris menyamai kasus aktif tertinggi pada 5 Februari lalu dengan 176.672 kasus.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro menjadi andalan bersama untuk menekan kasus.

Baca juga : Touring Inagurasi Hogers Indonesia Ditunda

“Untuk itu, penguatan PPKM Mikro menjadi hal utama yang harus dilakukan agar laju kasus positif, khususnya yang terpusat di Pulau Jawa bisa ditekan,” ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dikutip dalam keterangan pers, kemarin.

Mengantisipasi kondisi ini, Satgas meminta mekanisme koordinasi dan pembagian peran dalam menjalankan PPKM Mikro dilakukan dengan benar dan seefektif mungkin.

Lurah/kepala desa sebagai pengendali posko, wajib berkoordinasi dengan Ketua RW untuk mendata kasus positif di tingkat RT di wilayah masing-masing melalui aplikasi Bersatu Lawan Covid (BLC).

Baca juga : Mahfud Bikin Senang Netizen

“Untuk itu, jika ada wilayah yang belum melaporkan secara rutin melalui aplikasi BLC, mohon segera menghubungi Satgas Pusat,” tuturnya.

Pelaporan ini wajib dilakukan secara rutin sehingga perkembangan pelaksanaan PPKM Mikro dapat tercatat dan menjadi bahan evaluasi serta pertimbangan kebijakan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Diharapkan, dalam seminggu ini ada kemajuan positif dalam upaya pengendalian kasus di tingkat daerah.

Kemudian, bersama Babinsa dan Babinkamtibmas, lurah dan kepala desa kudu memantau kepatuhan protokol kesehatan dan memberikan edukasi seputar Covid-19.

Baca juga : Covid Meledak Di Angka 14.536, DKI Masih Jadi Pemuncak

Selanjutnya, lurah/kepala desa bersama Puskesmas tingkat kecamatan dan kelurahan harus melakukan testing pada pasien Covid-19 dan kontak eratnya. Nantinya, tracing dibantu TNI/Polri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.