Dark/Light Mode

Mengerikan, Melihat Video Di RSUD Bekasi

Pasien Geletakan Di Jalan, Panas-panasan Di Losbak

Sabtu, 26 Juni 2021 08:10 WIB
Beginilah kondisi pasien Covid-19 di RSUD Kota Bekasi, kemarin. (Foto: Antara)
Beginilah kondisi pasien Covid-19 di RSUD Kota Bekasi, kemarin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Membludaknya pasien Covid-19 bikin rumah sakit keteteran. Rumah sakit sudah tidak bisa lagi menampung gelombang pasien yang datang. Kondisi paling parah dan mengerikan terjadi di RSUD Kota Bekasi. Dalam sebuah video yang viral kemarin, terlihat pasien bergeletakan di jalan. Ada juga pasien yang terbaring kepanasan di mobil bak terbuka alias losbak.

Lonjakan kasus Corona di Kota Bekasi sudah terasa sejak awal pekan lalu. Sejak Senin lalu, pasien Corona yang datang ke RS Chasbullah Abdulmadjid atau lebih dikenal RSUD Bekasi, yang berada di Pramuka, terus berdatangan. Akibatnya, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit ini meningkat nyaris 90 persen.

Mengantisipasi membludaknya pasien, pengelola kemudian mendirikan tiga tenda darurat, pada Rabu lalu. Ukurannya lumayan luas. Satu tenda bisa menampung 20 sampai 30 pasien. Pengelola memastikan, tenda darurat ini bukan untuk ruang perawatan. Hanya tempat skrining pasien sebelum dirawat di ruangan.

Namun, pasien datang seperti gelombang. Tenda darurat pun tak mampu menampung pasien. Akibatnya, ada pasien yang harus dirawat di kursi roda dan bahkan di jalan. Penampakan pasien yang tergeletak di lantai ini terlihat dalam video yang viral di media sosial, kemarin. Video ini juga menyebar di grup-grup WhatsApp.

Dalam video berdurasi tak sampai satu menit ini, suasana tenda darurat RSUD Bekasi tampak crowded. Belasan pasien duduk di kursi roda mengantre di pintu tenda. Sementara, petugas medis dengan pakaian APD lengkap hilir mudik menangani pasien yang terus berdatangan. 

Paling mencengangkan, saat kamera menyorot pasien yang tergeletak di atas jalan aspal hanya beralas tikar. Posisinya persis di samping pintu masuk tenda. Satu pasien tampak terbaring lemas dengan selang infus menancap di tangan kirinya. 

Tak jauh dari sana, seorang pasien ibu-ibu tergeletak di atas mobil losbak putih dengan selang infus dan oksigen. Seorang petugas medis menggunakan hazmat lengkap memeriksa kondisi pasien sambil menuliskan sesuatu di dokumen yang dibawanya. Keluarga pasien melihat pemeriksaan itu dari belakang mobil. 

Direktur RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Said membenarkan video viral itu. Kata dia, video diambil saat dokter melakukan skrining atau pemeriksaan awal terhadap pasien, kemarin pagi. Pasien yang datang tak langsung dirawat. Tapi dites PCR dulu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.