Dark/Light Mode

Jadi Calon Dubes Kazakhstan

Fadjroel Turun Kelas

Minggu, 27 Juni 2021 07:20 WIB
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fadjroel Rachman sebentar lagi bakal pensiun dari jabatannya sebagai Juru Bicara Presiden Jokowi. Eks aktivis 98 itu ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan. Jadi Dubes bukan di negara besar, Fadjroel diledek turun kelas.

Ditunjuknya Fadjroel sebagai Dubes Kazakhstan langsung viral setelah surat dari Presiden Jokowi ke DPR bocor di kalangan media. Surat Presiden (Surpres) RI No. R-25/Pres/06/2021 diteken Jokowi tanggal 4 Juni 2021.

Baca juga : Cadangan Devisa Turun, Rupiah Kena Imbasnya

Selain Fadjroel, ada 32 nama lainnya yang juga sudah ditunjuk Jokowi menjadi Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk sejumlah negara sahabat dan organisasi internasional. Dari 33 nama, delapan orang di antaranya cukup populer dan dikenal publik dari jalur non karir dan politisi.

Pertama, Fadjroel sebagai calon Dubes RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan. Kedua, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani sebagai calon Dubes untuk Amerika Serikat. Ketiga, politikus PDIP Zuhairi Misrawi calon Dubes untuk Republik Tunisia.

Baca juga : Fadli Zon Dukung Penguatan Alpalhankam

Keempat, mantan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Agus Widjojo sebagai calon Dubes untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall Islands, dan Republik Palau. Kelima, politikus PPP Lena Maryana Mukti sebagai calon Dubes untuk Kuwait. Keenam, pengacara Rudy Alfonso sebagai calon Dubes untuk Republik Portugal. Ketujuh, Managing Direktur Sinar Mas Group, Gandi Sulistiyanto Soeherman, calon Dubes untuk Republik Korea. Terakhir, mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais TNI) Mayjen TNI Gina Yoginda sebagai dubes untuk Afghanistan.

Ini merupakan Surpres ketiga yang diajukan Jokowi ke Senayan perihal nama calon Dubes. Surpres yang mencantumkan daftar baru calon Dubes ini dibacakan dalam rapat paripurna DPR, pekan (22/6) lalu.

Baca juga : Ditahan Chili, Tango Kepedasan

Sebelumnya, ada Surpres pada 19 Februari 2021 yang di dalamnya masih ada nama Terawan Agus Putranto sebagai calon Dubes Spanyol. Berikutnya Surat nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021. Dalam Surpres teranyar sudah tidak ada lagi nama Terawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.