Dark/Light Mode

Gratis, Krakatau Steel Siap Penuhi Kebutuhan Oksigen Medis

Selasa, 29 Juni 2021 15:40 WIB
Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (Foto: Instagram)
Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim menegaskan komitmennya, untuk memenuhi kebutuhan oksigen di tengah situasi Covid-19, yang terus melonjak.

Untuk tahap awal, oksigen yang dihasilkan akan dialokasikan untuk kebutuhan Provinsi Banten dan Jakarta. Tak menutup kemungkinan, juga dikirim menggunakan tangki ke daerah yang membutuhkan.

"Pada Minggu (27/6) pagi, kami dihubungi oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Pak Luhut Pandjaitan, terkait upaya membantu memasok oksigen untuk penanganan Covid-19. Setelah dilakukan pengecekan ke pabrik oksigen Krakatau Steel di Cilegon, kami berikan oksigen yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 secara gratis," kata Silmy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (29/6).

Baca juga : Corona Meledak, Kebutuhan Oksigen Di DKI Membengkak

Krakatau Steel memproduksi oksigen untuk memenuhi kebutuhan pabrik baja, dalam proses pembuatan baja di semua lini produksi. Baik dari iron making, steel making, maupun rolling mill.

Oksigen tersebut digunakan pada proses steel making dalam proses peleburan, dan pascaproduksi untuk membantu proses pemotongan produk.

Kebutuhan oksigen Krakatau Steel didistribusikan dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel, dengan volume 5.000 NM3 per jam.

Baca juga : Bahlil: Muluskan Investasi, Kepala Daerah Kudu Bisa Penuhi Kebutuhan Lahan

"Pabrik oksigen Krakatau Steel dapat mengisi 19 botol tabung oksigen secara bersamaan, dalam 30 menit. Sehingga, dalam waktu setengah hari, kami dapat menghasilkan total 300 botol tabung oksigen," ujar Silmy.

Kapasitas tangki penampungan oksigen cair yang 100 liter atau setara 237.131 NM3, dapat menghasilkan sekitar 39.521 botol oksigen siap pakai.

Saat ini, Krakatau Steel memiliki 300 tabung gas oksigen masing-masing berkapasitas 6 NM3.

Baca juga : Gelar Vaksinasi Massal, Jakarta Garden City Pede Penjualan Properti Meningkat

"Dukungan ini sifatnya kemanusiaan dan tidak untuk kepentingan komersial," tutup Silmy. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.