Dark/Light Mode

Survei Pilpres Tetap Muncul

Ganjar Masih Di Atas Puan

Minggu, 4 Juli 2021 07:20 WIB
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah amukan Covid-19 yang mencekam, ternyata masih ada saja lembaga survei yang mengeluarkan hasil surveinya untuk Pemilihan Presiden 2024. Hasilnya pun sudah bisa ditebak. Juaranya itu-itu aja. Cuma gantian posisi aja.

Lembaga survei tersebut adalah Voxpol Center Research and Consulting. Berdasarkan hasil surveinya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi juara pertamanya. Elektabilitas Ganjar mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sampai Presiden Jokowi. Ganjar juga masih di atas saingannya di PDIP, Puan Maharani.

Baca juga : Partai Gerindra Masih Nungguin Langkah PDIP

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi menjelaskan, simulasi top of mind atau pertanyaan terbuka yang dilakukan pihaknya menemukan Ganjar di posisi pertama. “Yakni 17,3 persen,” kata Pangi, merilis survei nasional yang digelar secara virtual, kemarin.

Jokowi muncul di posisi kedua dengan angka 16,8 persen dan Prabowo Subianto di posisi ketiga dengan 16,5 persen. Selanjutnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 13,7 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 8,3 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,9 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen.

Baca juga : Arsjad: Perkuat Kolaborasi Bareng Pemerintah Atasi Pandemi

Setelah itu, barulah Ketua DPR Puan Maharani yang memiliki elektabilitas 1,3 persen. Puan dikuntit Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan 0,9 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,9 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 0,8 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 0,7 persen, terakhir Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 0,6 persen.

Ketika simulasi semi terbuka dengan 19 nama, Ganjar kembali jauh meninggalkan Puan. Ganjar berada di urutan pertama dengan 19,2 persen, sedangkan Puan bertengger di urutan sembilan dengan angka 1,3 persen. Di posisi buncit ada Khofifah dengan 1,2 persen.

Baca juga : Kasus Harian Masih Di Atas 20 Ribu, Kasus Meninggal Naik 423

Pangi menyimpulkan, belum ada kandidat calon presiden dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan setelah petahana tidak bisa lagi mencalonkan diri. Jadi, masih ada waktu bagi Puan untuk mendekati elektabilitas Ganjar.

“Bahkan Prabowo yang sudah berkali-kali maju sebagai calon presiden, dalam model pertanyaan tertutup, elektabilitasnya hanya berada pada angka 18,9 persen, dan jadi peringkat kedua setelah Ganjar Pranowo,” ucap Pangi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.