Dark/Light Mode

Survei Pilpres Tetap Muncul

Ganjar Masih Di Atas Puan

Minggu, 4 Juli 2021 07:20 WIB
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Bagaimana tanggapan PDIP soal posisi Ganjar yang masih di atas Puan? Sampai tadi malam, para petinggi Banteng belum ada yang mau bicara.

Sebelumnya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto menegaskan elektabilitas Puan masih bisa berubah.

Baca juga : Partai Gerindra Masih Nungguin Langkah PDIP

“Elektabilitas seseorang itu adalah potret keadaan pada waktu itu yang bisa bergerak berubah. Seseorang punya elektabilitas itu tentu karena adanya effort,” jelas Bambang.

Pengamat politik, Saidiman Ahmad menilai, sulit bagi Puan mengejar elektabilitas Ganjar. Menurut dia, sebenarnya, kedikenalan keduanya sama di sekitar 57 sampai 58 persen. Namun, secara elektabilitas berbeda signifikan.

Baca juga : Arsjad: Perkuat Kolaborasi Bareng Pemerintah Atasi Pandemi

“Modal awalnya relatif sama, tapi output elektabilitasnya berbeda jauh,” papar Saidiman, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tingkat kedisukaan yang juga berbeda. Dengan popularitas yang sama, ada sekitar 84 persen publik yang tahu Ganjar menyatakan suka. Sementara yang suka pada Puan dari yang tahu hanya sekitar 58 persen. Artinya, resistensi pada Puan relatif sangat besar dibanding Ganjar.

Baca juga : Kasus Harian Masih Di Atas 20 Ribu, Kasus Meninggal Naik 423

“Pekerjaan rumah bagi Ganjar relatif lebih mudah, yakni meningkatkan pengenalan publik padanya. Sementara, Puan harus menyelesaikan dua persoalan sekaligus, yaitu meningkatkan kedikenalan dan kedisukaan sekaligus,” terangnya.

Untuk diketahui, di internal PDIP ada dua sosok yang dijagokan maju 2024: Ganjar dan Puan. Kalau melihat elektabilitas, tentu Ganjar pemenangnya. Tapi Puan adalah ratu di Banteng. Putri Bos PDIP Megawati Soekarnoputri. Jadi, peluang Puan untuk mendapatkan tiket capres dari PDIP lebih besar dibanding Ganjar. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.