Dark/Light Mode

Kang Emil Alihkan Duit Infrastruktur Untuk Obat Gratis Pasien Corona

Minggu, 4 Juli 2021 23:04 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bakal menyediakan obat-obatan dan multivitamin gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kang Emil, sapaan karib Ridwan Kamil mengumumkan perihal obat-obatan dan multivitamin gratis itu lewat akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Minggu (4/7).

Kang Emil menyatakan, penyediaan obat gratis tersebut adalah hasil alokasi dana 11 proyek infrastruktur 2021 senilai Rp140 miliar yang kini dihentikan.

Baca juga : Kantor Walkot Jaktim Disiapkan Untuk Tampung Pasien Covid-19

"Kami putuskan untuk dihentikan atau ditunda dan dananya dialihkan untuk obat-obatan dan suplemen pasien covid Jawa Barat yang sedang isolasi mandiri yang kesulitan secara ekonomi," kicau Kang Emil. Mulai Senin (5/7).

Kata dia, warga Jawa Barat yang isoman dapat memperoleh layanan dari dokter Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar melalui layanan telekonsultasi di PIKOBAR secara gratis.

Untuk informasi dan telekonsultasi, sambung dia, warga juga dapat mengunjungi portal PIKOBAR. Permohonan bisa melalui aplikasi/web PIKOBAR. Pasien Isoman yang juga bingung dan butuh bertanya, bisa tele konsultasi kepada para dokter via telepon dan online melalui aplikasi/web PIKOBAR.

Baca juga : SMI-Bank Mandiri Teken Perjanjian Kredit Infrastruktur Rp 3 T

Berikut cara mengajukan obat-obatan gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui aplikasi PIKOBAR. Pertama,  buka situs resmi pikobar.jabarprov.go.id/isoman.

Kedua pilih menu Permohonan Kebutuhan Isolasi Mandiri kemudian klik tautan hidup (hyperlink) yang tersedia di kolomnya. Ketiga isi data diri pada formulir online yang disediakan. Kemudian siapkan dokumen foto yang menunjukkan hasil positif tes Covid-19 untuk diunggah dalam formulir pengajuan tersebut.

"Ke depan, Jawa Barat akan menyediakan akses terhadap obat dan multivitamin. Saya doakan lekas sembuh bagi warga yang isoman dan semangat!" cuitnya.

Baca juga : Indonesia Butuh Pekerja Untuk Kelas Menengah

Pemprov Jabar memang terus berupaya mengendalikan angka keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate rumah sakit dengan melakukan manajemen perawatan pasien Covid-19, salah satunya lewat isolasi mandiri. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.