Dark/Light Mode

Pastikan Kedatangan TKA China Sesuai Prokes

Luhut: Yang Nggak Ngerti, Jangan Ngomong Dulu Deh

Rabu, 7 Juli 2021 05:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Dok. maritim.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Dok. maritim.go.id).

 Sebelumnya 
Novie menuturkan, setelah datang pada 25 Juni 2021, para TKA tersebut telah menjalani masa karantina selama 5x24 jam sesuai dengan ketentuan dalam Surat Edaran (SE) No 21 Tahun 2021. Jadi, belum menggunakan SE baru aturan PPKM Darurat.

Setelah menjalani karantina, kata Novie, mereka melanjutkan perjalanan ke Makassar pada 3 Juli 2021.

Novie memastikan hingga saat ini Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar tidak melayani penerbangan internasional. Titik masuk ke Indonesia bagi pelaku perjalanan internasional hanya bisa melalui beberapa bandara saja. Di antaranya, Kualanamu di Medan, Soekarno Hatta di Ban­ten, Juanda di Surabaya, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara, dan Zainuddin Abdul Madjid di Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Wapres Launching Vaksin Anak Di Jabar

Selain Kemenhub, PTHuadi Nickel Alloy, perusahaan yang mempekerjakan TKA China. HRD Huadi Nickel Alloy, An­driani Karaeng Rita Latippa menjelaskan, kedatangan TKA tersebut untuk mempercepat pembangunan pabrik smelter yang akan dioperasikan pada November nanti.

Andriani menjelaskan, target investasi itu telah dilaporkan ke Pemerintah Pusat. “TKA yang datang ini memang hanya TKA yang akan membangun pabrik, dari beberapa jenis pekerjaan yang secara estafet, sesuai dengan pekerjaan yang diberikan kepada mereka,” ujarnya.

Menurut Novie, saat ini peru­sahaan memang membutuhkan tenaga kerja untuk bagian kon­struksi baja yang langsung dari negara Tirai Bambu. Karena, kontraktor yang membangun pabrik smelter berasal dari China.

Baca juga : Luhut: NTT Dan Manggarai Jangan Lupa Bersolek Ya

Ia menegaskan, kedatangan TKA tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Baik secara aturan ketenagaker­jaan maupun keimigrasian. Jadi, secara legalitas sudah dilakukan sesuai dengan alurnya.

Ditjen Imigrasi Kemente­rian Hukum dan HAM (Kemen­kumham) mengatakan bahwa 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China di Sulawesi Selatan sudah tiba di Indonesia sebelum PPKM Darurat.

“Seluruh TKA masuk ke In­donesia dan telah melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021 yaitu sebelum Masa PPKM Darurat di Jawa dan Bali 3 -20 Juli 2021,” kata Kabag Hu­mas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan tertulis, Senin (5/7). [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.