Dark/Light Mode

Pemkot Solo Minta 400 Tabung Gas Untuk Bangun Stadion

Gibran Diingetin Ganjar

Rabu, 7 Juli 2021 08:12 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka lagi dekat-dekatnya, juga lagi harmonis-harmonisnya. Namun, jalinan itu tidak membuat Ganjar sungkan mengingatkan Gibran. Saat Gibran, yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi, mengeluarkan kebijakan yang kurang tepat, Ganjar pun tak ragu meluruskannya.

Hal itu nampak saat Pemkot Solo meminta 400 tabung oksigen ke PT Samator Gas Industri untuk penyelesaian proyek pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Manahan. Padahal, saat ini oksigen sangat dibutuhkan untuk merawat pasien Corona. Ganjar pun mengingatkan Gibran untuk hati-hati.

Surat permintaan 400 tabung oksigen ke Samator itu dikeluarkan Pemkot Solo, 5 Juli 2021. Surat ditandatangani Sekretaris Daerah Solo, Ahyani dan ditembuskan ke Gibran.

Dalam surat itu disebutkan, oksigen yang diminta akan digunakan hingga 26 Juli, dengan perkiraan dalam sehari kebutuhannya mencapai 10-20 tabung. Oksigen itu diperlukan untuk pengelasan rangka atap.

Saat dikonfirmasi wartawan mengenai pengajuan ini, Ahyani tidak menampiknya. Menurut dia, kebutuhan oksigen tersebut berbeda dengan oksigen yang digunakan untuk membantu pernapasan pasien Covid-19. "Itu oksigennya kan untuk industri. Beda oksigen untuk napas. Bedalah, tidak masalah. Sama seperti oksigen untuk ikan, beda," kata Ahyani, kemarin.

Ahyani menerangkan, pihaknya hanya sebatas mengajukan permohonan oksigen. Terkait dipenuhi atau tidak, tergantung Samator selaku penyedia.

Saat kembali disinggung mengenai kebutuhan oksigen untuk pasien Corona, Ahyani kembali menegaskan, berbeda. Namun, dia juga memastikan tidak memaksa Samator. "Kalau dipenuhi, beda dengan oksigen napas," ucapnya, kembali memberikan argumentasi.

Dia juga beralasan, kebutuhan oksigen untuk industri perlu difasilitasi. "Kalau tidak mengganggu, kan kebutuhan industri harus difasilitasi," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.