Dark/Light Mode

Gelar Vaksinasi

Sudirman: PMI Target 1.000 Orang Per Hari

Senin, 12 Juli 2021 00:03 WIB
Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk mendukung Pemerintah dalam penanggulan pandemi Covid-19. Sentra vaksinasi PMI juga akan digelar di berbagai daerah berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"PMI terus membantu pemerintah dan masyarakat mempercepat vaksinasi, agar pandemi Covid-19 segera selesai," ungkap Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said, Minggu (11/7).

Pekan lalu, PMI memulai memanfaatkan markas PMI Pusat sebagai tempat vaksinasi. "Alhamdulillah, sambutan masyarakat cukup baik; dan prosesnya berjalan baik dengan menjaga ketat prokes," ungkap Sudirman.

Dia menambahkan, PMI Pusat menjadi pilot project di kegiatan ini dan akan berlangsung sepuluh hari ke depan.
"Kami juga sedang lakukan assessment kapasitas markas-markas lain di Jawa dan Bali untuk melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Soal berapa target masyarakat yang tervaksin melalui program sentra vaksinasi PMI ini, Sudirman mengatakan, saat ini mulai dengan 1.000 vaksinasi per hari. "Nanti akan kami evaluasi. Yang penting sistem terbangun dan tinggal menggandakan sesuai dengan kesiapan sarana dan sumber daya manusia. Peran relawan dan tenaga kesehatan,” jelasnya.

Agar kegiatan vaksin tidak mengganggu kegiatan PMI yang rutin, seperti donor darah, Sudirman menyatakan, sebisa mungkin vaksinasi tidak dilakukan di unit-unit donor darah (UDD). "Karena UDD sangat sibuk untuk melayani donor darah dan donor plasma. Selain itu juga melayani masyarakat yang membutuhkan darah dan plasma," ungkapnya.

Soal sampai kapan kegiatan vaksin ini berlangsung, Sudirman mengatakan, pihaknya akan menjalankannya sampai program vaksinasi ini tuntas. "Kerja sama dengan berbagai pihak terus kita jalin. Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan, swasta, dan kelompok masyarakat. Beberapa klub sepak bola menawarkan stadion untuk dijajaki sebagai tempat vaksinasi. Ini juga menarik," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.