Dark/Light Mode

Jangan Cuma Disimpan Di Rumah

Yuk, Yang Punya Oksigen Pinjemin Buat Yang Butuh

Selasa, 13 Juli 2021 07:05 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat mengecek ketersediaan stok oksigen di dua perusahaan di Lampung, Kamis (8/7/2021). (Foto: Humas Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat mengecek ketersediaan stok oksigen di dua perusahaan di Lampung, Kamis (8/7/2021). (Foto: Humas Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menjelaskan, Covid-19 merupakan generasi kesekian dari virus Corona. Sebelumnya, flu Spanyol yang diakibatkan nenek moyang virus Corona juga pernah melanda Indonesia, terutama wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 1918. Tercatat, 25 persen penduduk Madura meninggal.

Kendati demikian, Muhadjir tak menafikkan Covid-19 memang sangat menjebak. Sampai saat ini, tidak ada yang benar-benar bisa memprediksi secara pasti perilaku dari Covid-19 yang kini telah bermutasi menjadi beberapa varian tersebut.

Baca juga : Ratusan Personel Polisi Jaga Rumah Duka Mendiang Bupati Bekasi

Bukan hanya Pemerintah Indonesia, Pemerintah Singapura juga ikut membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Mulai dari isotank, liquid oxygen (oksigen cair) dan oksigen konsentrator yang dapat dipergunakan di rumah sakit.

Rinciannya, 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, dan 220 ventilator. Indonesia memesan 10 ribu unit oksigen penetrator, dan sudah 30 unit yang datang. Muhadjir pun mengucapkan terima kasih atas bantuan Singapura.

Baca juga : Pasokan Gula Buat UMKM Di Jawa Timur Berlimpah

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan yakinlah karena Indonesia ini negara baik suka menolong saat negara-negara tetangga membutuhkan, pasti akan banyak yang menolong saat mendapatkan kesusahan,” kata Muhadjir.

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menyatakan, bantuan yang diberikan Negeri Singa itu bagian dari wujud kolaborasi antara dua negara sahabat.

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Rumah Sakit Dan Pabrik Oksigen

“Karena itu bentuknya portabel jadi bisa dipakai untuk rumah sakit di daerah. Untuk yang 5 liter atau 10 liter bisa dipakai untuk 3 atau 6 pasien,” terang Suryo. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.