Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Naik Heli Caracal, TNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris MTI Poso

Selasa, 13 Juli 2021 20:50 WIB
Wadansatgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf Romel J. Wardhana memimpin langsung proses evakuasi dengan menggunakan alat angkut udara Helikopter Caracal TNI AU, Selasa (13/7) (Foto: Puspen TNI)
Wadansatgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf Romel J. Wardhana memimpin langsung proses evakuasi dengan menggunakan alat angkut udara Helikopter Caracal TNI AU, Selasa (13/7) (Foto: Puspen TNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - TNI masih melakukan proses evakuasi dua jenazah teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) dari dalam jurang di Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah. 

TNI mengakui, sejumlah kendala dalam proses evakuasi untuk bisa dibawa keluar dari lokasi Pegunungan Tokasa.

Wadansatgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf, Romel J. Wardhana memimpin langsung proses evakuasi di hari kedua dengan menggunakan alat angkut udara Helikopter Caracal TNI AU. 

Baca juga : Lakukan Penyergapan, TNI Tembak Mati Dua Teroris Poso

Ia melihat langsung pengangkatan dua jenazah dari jurang pada kedalaman lebih dari 50 meter. Menurut Pilot Letkol PNB, Imanuel Simarmata, sempitnya medan serta lebatnya hutan semakin menyulitkan manuver Heli Caracal dapat mencari posisi aman untuk hover. 

“Faktor alam bervariasi dengan lembah yang dikelilingi vegetasi  pohon rapat, lebatnya hutan dan lembah yang cukup terjal tertutup serta tebing sangat curam di sepanjang rute evakuasi turut menghambat proses evakuasi,” tambahnya.

Selanjutnya, Romel mengatakan, saat ini  TNI terus berupaya dengan hoist crane dan basket stretcher serta terus menentukan titik final approach untuk mempercepat evakuasi. 

Baca juga : Satpol PP Tanah Abang Bantu Evakuasi Jenazah Warga Covid-19

“Jajaran Koopsgabsus Tricakti bersama Prajurit TNI dan Polri terus berupaya untuk mengevakuasi dua jenazah teroris MIT dari TKP, termasuk dibantu masyarakat yang tinggal di sekitar Pegunungan Tokasa, yang secara spontan sukarela untuk membantu proses evakuasi  jenazah,” jelasnya.

“Mudah-mudahan hari ini kedua jenazah tersebut dapat dievakuasi secara tuntas dan bisa segera diberangkatkan ke RS. Bhayangkara Polda Sulteng untuk proses identifikasi dan autopsi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa dua teroris (Rukli dan Ahmad Panjang) ditembak mati oleh Prajurit TNI Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabsus) Tricakti di Camp Teroris MIT, Pegunungan Tokasa, pada Minggu 11 Juli 2021.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.