Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertamina Distribusikan 100 Ton Oksigen India Ke Pulau Jawa Hingga Luar Jawa

Minggu, 25 Juli 2021 05:53 WIB
Pertamina distribusikan oksigen kebeberapa Rumah Sakit di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa di Dermaga 203 Tanjung Priok, Sabtu (24/7). (Foto: Istimewa)
Pertamina distribusikan oksigen kebeberapa Rumah Sakit di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa di Dermaga 203 Tanjung Priok, Sabtu (24/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah India mengirimkan bantuan 100 ton liquid oksigen yang dikemas dalam 5 ISO Tank berkapasitas masing-masing 20 ton. 

Bantuan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada Sabtu (24/7). Serah terima bantuan oksigen ini dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Pertamina, jajaran TNI, Pelindo dan Bea Cukai.

Dalam sambutannya, Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti mengatakan merasa senang bisa membantu Indonesia, membawa 100 Ton Oksigen dan sekitar 300 Konsentrat Oksigen. Ini adalah bentuk persahabatan antar kedua Negara.

“Saya tahu bahwa ini bukanlah jumlah yang banyak tapi setidaknya inilah bantuan dari rakyat dan dari Pemerintah India,” ujar Manoj.

Baca juga : Wapres Minta Distribusi Bansos PPKM Di Jawa Tengah Dipercepat

Manoj menambahkan, momen ini merupakan wujud persahatan dan kerja sama, tidak hanya dalam memerangi krisis, tetapi India dan Indonesia juga bisa bekerja sama di banyak bidang lainnya.

“Saya berharap kami dapat melanjutkan kolaborasi di masa depan,” tutur Manoj.

Direktur Logistik dan  Infrastruktur Pertamina, Mulyono mengatakan, dengan tambahan 5 unit ISO Tank ini Pertamina juga telah menyediakan 5 unit truk lengkap dengan bed trailer serta awak pengemudinya dan siap mendistribusikan sesuai koordinasi Kementrian Kesehatan.

"Dengan kedatangan ISO Tank dr India ini, maka total ISO Tank yang dikelola Pertamina ada 40 Unit dengan toral kapasitas 800 ton. Sudah sekitar 1.300 ton oksigen yang kami distribusikan ke 206 Rumah Sakit di 7 Provinsi," jelas Mulyono.

Baca juga : Elnusa Petrofin Beri Bantuan 24 Ton Liquid Oksigen Ke RS Jabodetabek

Mulyono menambahkan, ke tujuh propinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur hingga ke Pulau Bali.

“Mekanisme pendistribusian untuk rumah sakit yang memerlukan oksigen sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan,"imbuhnya.

Sementara Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI, Eka Jusup Singka menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran Pertamina dalam membantu menyediakan transportasi dan mendistribusikan oksigen sehingga memperkecil kekurangan oksigen.

“Peran Pertamina dalam menjalankan tugasnya membantu Kemenkes RI membuat supply oksigen bisa lebih terjamin,” kata Eka.

Baca juga : Idul Adha, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Hingga LPG di Jawa Tengah Dan DIY Aman

Eka mengatakan, oksigen akan didistribusikan melalui bantuan transportasi Pertamina dan akan dimanfaatkan bukan hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, tetapi juga di luar Jawa, seperti Kalimantan Barat, karena tren kasus Covid-19 ada kemungkinan meningkat di luar Jawa-Bali.

“Peran serta Pertamina ini adalah sebagai kontribusi nyata di lintas kementerian. Jadi sekali lagi, Pertamina patut dicontoh oleh BUMN lainnya sekali lagi terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah bekerja dengan baik membantu kami semua dalam penanganan Covid-19,” tandas Eka. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.