Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid-19 Varian Super Berpotensi Muncul Di Indonesia

Bukan Nakut-nakutin Lho Waspada, Wajib Hukumnya

Senin, 26 Juli 2021 05:19 WIB
Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman. (Foto : Dok. Rakyatmerdeka/RM.id).
Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman. (Foto : Dok. Rakyatmerdeka/RM.id).

 Sebelumnya 
Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio mengatakan, ke depan, varian Covid-19 yang mendominasi bukan hanya Delta, tetapi varian baru yang lain. Termasuk, varian Super.

“Apalagi, varian baru tidak selalu merupakan turunan dari varian Covid-19 yang ada sekarang,” ujarnya.

Amin mengatakan, Covid-19 varian Super bisa muncul tidak hanya Indonesia. Varian baru virus Corona bisa muncul di negara lain. Bisa saja varian baru hasil mutasi dari varian yang aslinya, varian Wuhan.

“Sekarang kan varian Covid-19 ada empat. Walaupun yang masuk Indonesia baru tiga,” tegas Amin.

Baca juga : 1-2 Juta Vaksin Per Hari, Bisa!

Netizen mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan. Mulai dari meningkatkan protokol kesehatan (prokes) hingga ikut vaksinasi agar kasus bisa turun dan varian baru Covid-19 tidak muncul.

B4Setia mengatakan, prediksi akan adanya varian baru virus Corona yang lebih berbahaya jangan diartikan sebagai cara untuk menakut-nakuti masyarakat. Tapi, harus dijadikan sebagai pengingat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Wajib waspada akan munculnya varian baru,” katanya.

“Ngeri ya varian Covid-19 yang baru ini. Makanya, ayo sudah deh jangan pada bandel. Please patuhi prokes dan dukung pemerintah dalam penegakan pembatasan darurat ini. Biar korban tidak semakin banyak. Yuk kita bisa kok sebelum semuanya terlambat,” tutur Ayy_FRA.

Baca juga : Netizen Rame-rame Setuju Tes Covid-19 Gratis

Katibul_umam mengatakan, kewaspadaan akan adanya varian baru Covid-19 bisa dengan melakukan edukasi kepada masyarakat. Sekarang ini, kata dia, tiap hari korban berjatuhan. Untuk itu, kesadaran para stakeholder harus ditingkatkan.

“Mulai dari lingkar terkecil keluarga. Sekarang atau tidak sama sekali,” ungkapnya.

Ria_Bilqis mengatakan, waspada terhadap Covid-19 varian baru yang lebih cepat menular dengan segera melakukan vaksinasi untuk melindungi diri dan keluarga. Termasuk juga, kata dia, tetap patuh prokes meskipun sudah divaksin.

“Selalu waspada itu perlu. Update informasi juga penting,” kata idahceris.

Baca juga : Pasien Isoman Jangan Minum Obat Sembarangan, Berbahaya

Balistta berharap, prediksi akan adanya Covid-19 varian Super di Indonesia tidak menjadi kenyataan. “Semoga gak sampai terjadi,” ujarnya. “Jangan sampai ada virus varian baru lagi masuk Indonesia,” timpal begawandino. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.