Dark/Light Mode

AP II Siap Dukung Warga Yang Jalani Isolasi Mandiri Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 00:33 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat membuka Forum Bandung Berakhlak Gerakan Bantu Isoman, di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. (Foto: AP II)
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat membuka Forum Bandung Berakhlak Gerakan Bantu Isoman, di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. (Foto: AP II)

 Sebelumnya 
AP II ditunjuk Kementerian BUMN sebagai Koordinator Wilayah Satgas Bencana Nasional Banten. Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Banten, program yang telah dijalankan AP II antara lain penyaluran bantuan APD, obat-obatan, vitamin, sembako, ambulans, mendukung isolasi mandiri warga, serta turut dalam penanganan di lokasi bencana alam seperti yang telah dilakukan tim relawan AP II Peduli di Serang, Lebak, Kota dan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. 

Perseroan juga menggandeng berbagai pihak. Di antaranya PMI, untuk melaksanakan donor plasma darah di Tangerang Februari 2021. 

Baca juga : Ribuan Lansia Hingga Pelajar Jalani Vaksin Covid -19 Di Jakarta Pusat

Percepatan Vaksinasi
Saat ini, fokus AP II dan institusi lainnya adalah mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. AP II membuka sentra vaksinasi di 18 bandara sejak 3 Juli 2021 untuk mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 15/2021 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 53/2021. 

Sentra vaksinasi tersebut didukung penuh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Pemprov, Pemda, TNI/Polri, dan instansi lainnya untuk memberikan vaksinasi bagi penumpang pesawat. Total, jumlah calon penumpang pesawat yang telah menjalani vaksinasi di 18 bandara AP II mencapai lebih dari 50.000 orang calon penumpang pesawat. Yang terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta, sekitar 30.000 orang calon penumpang pesawat.

Baca juga : MRT Bantu Tabung Oksigen Gratis Untuk Pasien Covid-19

“Sentra vaksinasi di bandara AP II untuk mendukung protokol kesehatan di sektor penerbangan. Selain itu, kami juga berkomitmen bahwa sentra vaksinasi ini akan terus dioperasikan secara permanen untuk membantu penanganan Covid-19 dan mendukung percepatan program vaksinasi nasional untuk mewujudkan herd immunity di tengah pandemi,” jelas Muhammad Awaluddin. 

AP II juga telah beberapa kali berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat umum. Seperti yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, yang telah digelar program vaksinasi bersama TNI AU dan juga bersama Kementerian Kesehatan dan Traveloka.

Baca juga : RPCB Syantikara Sleman Jadi Selter Isolasi Gratis Untuk Pasien OTG Covid

“AP II sangat mendukung berbagai program vaksinasi. Apabila ada kesempatan, bandara-bandara AP II pasti menyambut baik dan berkomitmen untuk bisa turut terlibat dalam program vaksinasi bagi seluruh masyarakat,” jelas Muhammad Awaluddin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.