Dark/Light Mode

Wong Palembang Sumbang 2 Triliun Untuk Penanganan Covid-19

Ayo, Konglomerat, Ada Yang Mau Niru

Selasa, 27 Juli 2021 08:00 WIB
Keluarga besar almarhum Akidi Tio menyerahkan bantuan secara simbolis dengan nilai Rp 2 triliun, di Palembang, Senin (26/7/2021). Bantuan ini diterima Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri (tengah) dan disaksikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru (kedua kiri). (Foto: Humas Polda Sumsel)
Keluarga besar almarhum Akidi Tio menyerahkan bantuan secara simbolis dengan nilai Rp 2 triliun, di Palembang, Senin (26/7/2021). Bantuan ini diterima Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri (tengah) dan disaksikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru (kedua kiri). (Foto: Humas Polda Sumsel)

 Sebelumnya 
Tapi, Eko memastikan akan menjaga amanah ini. "Insya Allah amanah ini dapat dikelola sebaik-baiknya," imbuhnya.

Asisten Kapolri Bidang SDM itu mengungkapkan, nantinya akan dibentuk tim ahli yang akan mengalokasikan dana bantuan tersebut. "Saya hanya makelar kebaikan saja," sebut perwira lulusan Akpol 1988 itu.

Eko menambahkan, bantuan itu akan ditujukan untuk penanganan Corona, termasuk masyarakat yang terdampak.

Baca juga : LaNyalla Puji Pengusaha Yang Sumbang Rp 2 Triliun Untuk Penanganan Covid-19

Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi kepedulian keluarga Akidi. Menurutnya, upaya yang dilakukan keluarga Akidi layak dicontoh warganya agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Corona. "Kita semua bangga ya. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar, mencapai Rp 2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit," terang Herman Deru.

Berita ini langsung bikin heboh. Di grup-grup whatsapp, link berita lokal ini banyak di-share. Di dunia maya, berita ini juga jadi obrolan hangat. Pun, begitu di dunia nyata. Berita ini langsung menjalar ke Jakarta. Orang-orang Jakarta juga kaget dan terkesima dengan aksi Akidi ini.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Charles Saerang menilai, aksi mulia keluarga Akidi akan melecut para pengusaha untuk berperan aktif dalam penanganan pandemi.

Baca juga : Salut, Pengusaha Asal Aceh Sumbang Rp 2 Triliun Untuk Atasi Covid-19 Di Sumsel

"Kami terketuk," ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia pun memastikan, banyak pengusaha lain juga telah menunjukkan kepedulian. Meski jumlahnya tidak sebesar yang dikeluarkan keluarga Akidi. Ada yang menyalurkan secara langsung, ada juga yang melalui organisasi.

Menurut bos Nyonya Meneer itu, selama ini, Kadin juga tidak berpangku tangan. Kadin ikut berbagi. "Banyak anggota Kadin yang ikut berpartisipasi. Nilai kebersamaan ini sangat diharapkan. Bukan jumlah, tapi partisipasi yang kita butuhkan," tandasnya.

Baca juga : Ini Masukan `Wanita Emas` Terkait Penanganan Pandemi Covid-19

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mendorong para konglomerat meniru langkah keluarga Akidi. "Semakin banyak orang kaya yang berdonasi dalam membantu penanganan Covid atau membantu memberikan bantuan bagi orang miskin, semakin bagus," kata Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.